Kesehatan

Kasus Positif COVID-19 Dunia Kembali Naik, Varian XBB Jadi Penyumbang Terbanyak

fin.co.id - 31/10/2022, 17:39 WIB

Kasus Positif COVID-19 Dunia Kembali Naik, Varian XBB Jadi Penyumbang Terbanyak

Omicron XBB Mulai Merajalela, Image oleh Gerd Altmann dari Pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID - Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19, Reisa Broto Asmoro meminta seluruh masyarakat untuk memperketat protokol kesehatannya karena kasus positif COVID-19 dunia kembali menunjukkan tren kenaikan.

 

“Kalau kita lihat secara global, sayangnya (kasus positif COVID-19) sedang naik kembali. Memang bisa kita kaitkan, salah satunya adanya varian baru yang tengah merebak dan ditemukan di banyak negara, yakni varian XBB,” kata Reisa, Senin 31 Oktober 2022.

 

BACA JUGA:Kemenkes Umumkan Tiga Kasus Konfimarsi Omicron XBB, Gejalanya Begini

 

Meski Reisa tidak menyebutkan secara pasti tren kenaikan kasus melalui persentase, ia mengatakan kenaikan kasus di seluruh dunia dipicu oleh hadirnya sub-varian baru Omicron, yakni XBB, yang sudah teridentifikasi sejak Agustus 2022.

 

Kewaspadaan melalui protokol kesehatan, juga harus lebih diperketat, karena XBB sudah masuk ke Indonesia dan menyebabkan lonjakan kasus di sejumlah negara tetangga seperti Singapura, sehingga cukup membuktikan jika COVID-19 masih menjadi ancaman bagi Indonesia.

 

BACA JUGA:Vaksin Booster Covid-19 Kosong di Kabupaten Tangerang, Masyarakat Diminta Waspadai Varian Baru XBB

 

“Kita harus ekstra hati-hati lagi. Kalau kita ingin menekan jumlah penularan XBB di Indonesia, tentunya kita harus ingat yang namanya (pengetatan) protokol kesehatannya,” katanya.

 

Selain menerapkan protokol kesehatan berupa 3M, Reisa mengatakan masyarakat seharusnya sudah mampu menilai tinggi rendahnya risiko penularan di sekitar lingkungannya.

Admin
Penulis
-->