News

Komitmen Pemerintah Ciptakan Lompatan Besar Inovatif

fin.co.id - 27/09/2022, 16:12 WIB

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo, Hary Budiarto

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pemerintah berkomitmen untuk menciptakan lompatan besar inovatif melalui akselerasi transformasi digital Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan agenda transformatif ini tidak hanya ditujukan agar sektor pos dan telekomunikasi Indonesia dapat semakin maju, tetapi juga untuk mendorong perluasan akses dan kebermanfaatan teknologi digital agar dapat dirasakan secara nyata oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.

"Komitmen nyata Pemerintah hanya akan terjadi jika dan hanya jika tiga prasyarat utama dalam optimalisasi transformasi digital tercapai " kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo, Hary Budiarto saat membacakan sambutan Menkominfo Johnny G. Plate dalam Upacara Peringatan Hari Bhakti Postel ke-77 di Bandung, Selasa (27/9).

BACA JUGA: Menkominfo: Prancis Tawarkan Pembiayaan Perkuatan Keamanan Siber Indonesia

"(tiga prasyarat utama) yaitu: Konektivitas Digital dan Pemulihan Pasca Pandemi, Kecakapan Digital dan Literasi Digital serta Arus Data Lintas Negara," sambungnya.

Dalam Digital Economy Working Group Presidensi G20 Indonesia 2022, tiga isu tersebut menjadi fokus utama dalam pembahasan di dalam internal working group ataupun antar kelompok kerja forum Sherpa Track G20.

"Adapun tiga karakteristik transformasi digital yang diusung yaitu inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan. Kementerian Kominfo akan menjalankan program strategis sesuai lima arahan Presiden," ujar Hary Budiarto.

Menurut Kabalitbang SDM Hary Budiarto, Kementerian Kominfo menyiapkan lima program strategis untuk menjalankan arahan Presiden Joko Widodo.

Lima program yang dimaksud meliputi (1) program penyediaan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi; (2)program pengelolaan spektrum frekuensi, standar perangkat dan layanan publik; (3) program pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi; (4) program komunikasi publik; dan (5) program dukungan manajemen.

"Akselerasi transformasi digital nasional yang merupakan arahan langsung Presiden Joko Widodo masih terus berlanjut pada tahun 2023," tandasnya.

Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo menyatakan perjuangan bangsa Indonesia belum berakhir. Perjuangan itu terus dilakukan secara berkelanjutan untuk menuju Indonesia maju dan modern, berkeadilan, sejahtera, berdemokrasi serta bermartabat.

"Siap menciptakan Perubahan-perubahan untuk mewujudkan Indonesia Sejahtera," tegasnya.

Menurut Hary Budiarto, pembangunan mental dan karakter bangsa menjadi salah satu prioritas utama program pembangunan pemerintahan Indonesia sekarang ini.

Pembangunan karakter yang disebut dengan “revolusi mental” tersebut diharapkan akan menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang kreatif, inovatif, berdedikasi, disiplin, kerja keras dan taat aturan.

"Berhasilnya pembangunan mental dan karakter yang baik tersebut akan mewujudkan masyarakat yang tertib dan terbuka sebagai modal sosial yang positif bagi kemajuan bangsa," tandasnya.

Admin
Penulis
-->