Otomotif

Ban Tubeless Dipakein Ban Dalam, Sudah Tau Bahayanya Belum?

fin.co.id - 2022-06-17 15:00:00 WIB

Ban Tubeless, Image oleh Pexels dari Pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID - Sudah pake ban tubeless tapi ban tetap saja kempes. Penyebabnya selain karena kondisi ban yang sudah tidak layak, adalah alasan mengapa ban tubeless Anda selalu kempes tak peduli seberapa sering Anda mengisi angin.

Pada kasus berbeda, ban tubeless tetap bisa mengalami kempes meski dalam kondisi baru, adalah disebabkan oleh kondisi velg yang sudah tidak lagi sempurna.

Akibatnya, angin dari dalam ban tubeless tetap saja keluar, meski terjadi secara perlahan.

(BACA JUGA: Intip Sejarah Toyota Kijang yang Kini Sudah Berusia 45 Tahun)

Pada kasus yang seperti ini, sebagian orang lalu kepikiran untuk menggunkan ban dalam untuk mengtasi masalah ban tubeless yang kerap kempes atau medel.

Pertanyaannya, apakah aman kenggunakan ban dalam pada jenis ban tubeless? Jawabannya menurut Planet Ban mungkin tidak seperti yang Anda kira.

Menurut Planet Ban, penggunaan ban dalam pada ban tubeless memang bukanlah sebuah masalah, namun itu jika Anda menggunakan motor pada kecepatan di bawah 100 kmpj.

“Ketika dipakai dengan kecepatan normal mungkin Anda tidak merasakan perbedaannya. Namun hal ini bisa berbahaya jika motor dipacu lebih dari 100 km/jam,” kata Planet Ban di situs resminya.

“Dalam kecepatan yang tinggi, kondisi ban yang berat ini akan mengalami gesekan antara ban dalam dan ban tubeless. Tentu saja akan rawan menimbulkan kecelakaan,” klaimnya.

Planet Ban juga menambahkan, jika memang harus menggunakan ban dalam pada ban tubeless, pastikan bahwa hal itu hanya untuk jangka pendek, dan bukan sebagai solusi jangka panjang.

Bahaya Berkendara dengan Ban Kurang Angin

Sebagian orang lebih memilih menggunakan ban kendaraan bermotor mereka, tidak dalam keadaan full terisi angin.

Salah satu alasannya adalah untuk mengurangi geteran atau guncangan, yang disebabkan oleh jalan berlubang atau jalan yang tidak mulus permukaannya.

Namun taukah Anda jika mereka yang menggunakan ban dengan angin yang kurang, atau mungkin membiarkannya lantaran belum ada waktu ke bengkel, dapat menyebabkan masalah dan kerugian tersendiri bagi si pengguna kendaraan itu.

Menurut laman Garasi, kendaraan yang menggunakan ban yang kurang angin, akan menyebabkan kondisi ban jadi lebih cepat aus.

Admin
Penulis