Tangerang

Puluhan Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Tangerang Batal Berangkat, Begini Penjelasan Kemenag

fin.co.id - 06/06/2022, 12:20 WIB

Jemaah haji Kabupaten Tangerang yang akan berangkat ke Tanah Suci.

TANGERANG, FIN.CO.ID - Sebanyak 21 calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Tangerang, Banten gagal berangkat ke Tanah Suci tahun ini 1443 Hijriah/2022 Masehi.

Mayoritas CJH yang keberangkatannya ditangguhkan itu, dikarenakan adanya aturan dari pemerintah Arab Saudi tentang calon jamaah haji maksimal 65 tahun.

Akan tetapi, ada juga CJH yang batal berangkat ke tanah suci Mekkah pada musim haji tahun ini karena sakit.

 

"Ada 21 jamaah yang tertunda, karena usianya di atas 65 tahun dan ada juga yang karena sakit," kata Kepala Seksi Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang Iwan Kurniawan, Senin 6 Juni 2022. 

Dia juga menjelaskan, pada musim haji tahun ini tidak ada kuota penggabungan. 

Sehingga, ada beberapa CJH yang memutuskan untuk menunda ibadah hajinya dikarenakan salah satu pasangan suami atau istrinya ada yang belum bisa diberangkatkan.

 

"Kalau yang seperti ini mereka membuat surat pernyataan sendiri untuk menunda keberangkatan, bukan tidak jadi ataupun dibatalkan, itu tidak ada. Insya Allah ready untuk berangkat di tahun depan," terangnya.

"Mudah-mudahan pemerintah Saudi Arabia membuka kran lebih luas dan berharap tidak ada pembatasan usia harapan usia lagi," sambungnya.

Mengenai jamaah calon haji yang sudah dipastikan berangkat ke tanah suci, Iwan menerangkan, total ada 869 calon haji asal Kabupaten Tangerang. 

Para jamaah calon haji tersebut dibagi menjadi tiga kloter yakni kloter 05 JKG sebanyak 389 orang berangkat pada 6 Juni 2022, kemudian kloter 18 JKG sebanyak 385 orang berangkat pada 13 Juni 2022.  

"Dan kloter 25 JKG sebanyak 95 orang, yang nantinya akan digabung dengan jamaah calon haji dari wilayah lain, ini berangkat di tanggal 19 Juni 2022," terangnya.

Dikatakan Iwan, para jamaah calon haji kloter 05 JKG yang diberangkatkan ke Embarkasi Pondok Gede hari ini (6/6/2022), sedianya akan take off di Bandara Soekarno-Hatta untuk bertolak ke Tanah Suci Mekkah, esok hari sekira pukul 02.25 WIB. 

"Insya Allah sekira pukul 02.25 WIB para jamaah sudah posisi take off dari Bandara Soekarno-Hatta," tandasnya. (Rikhi Ferdian)

Admin
Penulis
-->