Nasional

Wow, Ada 3,24 Juta Pemudik Menggunakan Pesawat Selama Lebaran 2022, Periode H-10 hingga H+5

fin.co.id - 09/05/2022, 21:13 WIB

bandara

TANGERANG, FIN.CO.ID - Jumlah pergerakan penumpang pesawat pada periode Lebaran 2022 di bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II mengalami peningkatan. 

Tercatat, pada Pada H-10 hingga H+5 (22 April - 8 Mei 2022) atau sejak arus mudik hingga arus balik secara kumulatif jumlah pergerakan penumpang di bandara AP II mencapai sekitar 3,14 juta orang. 

(BACA JUGA: Pengadaan Gorden Rumah Dinas DPR Rp45 Miliar, Sekjen DPR: Sudah 12 Tahun, Banyak yang Lapuk dan Rusak)

Sementara, untuk pergerakan pesawat mencapai 25.122 penerbangan.

Khusus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia, pergerakan penumpang pada periode tersebut tercatat 2 juta orang.  

Dengan pergerakan pesawat sebanyak 15.873 penerbangan. 

"Peningkatan lalu lintas penerbangan dalam periode angkutan lebaran ini dapat dikelola dengan baik oleh seluruh stakeholder," kata President Director AP II Muhammad Awaluddin, dalam keterangannya, Senin 9 Mei 2022. 

(BACA JUGA: Kenaikan Kasus COVID-19 PascaLebaran, Menkes: Kita Tunggu 20 sampai 25 Hari ke Depan )

Dia mengungkapkan, pihaknya sangat bersyukur karena seluruh stakeholder di bandara AP II dapa bersinergi dengan erat serta berkolaborasi dalam mensukseskan angkutan lebaran 2022. 

Sehingga, dapat mengantar pemudik ke kampung halaman hingga menyambut kembali kepulangan mereka dengan aman dan lancar.

"Lewat berbagai strategi seperti pengaturan slot time penerbangan, optimalisasi operasional di sisi udara (airside), penyesuaian operasional bandara secara keseluruhan dan lain sebagainya, AP II dan stakeholder mampu mengakomodir tingginya permintaan kursi penerbangan pada angleb 2022," paparnya 

Awaluddin menjelaskan, adapun lalu lintas penerbangan di bandara AP II khususnya pada arus balik terus mengalami peningkatan yang melampaui target. 

(BACA JUGA: Waduh! Lima Hektar Lahan di Kalteng Kebakaran, Waspada Awal Musim Kemarau)

Seperti contohnya pada puncak arus balik 8 Mei 2022.

Target awal, kata dia, pergerakan penumpang di seluruh bandara AP II pada puncak arus balik 8 Mei diprediksi sebanyak 199.857 orang.

Admin
Penulis
-->