News

1,1 Juta Dosis Vaksin Covid Kadaluarsa, Pak Menkes Bilang Begini

fin.co.id - 19/01/2022, 19:18 WIB

Vaksin Covid-19 Dosis Keempat Masih Belum Mampu Hentikan Penularan Varian Omicron

 

JAKARTA, FIN.CO.ID - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, sebanyak 1,1 juta dosis vaksin Covid-19 saat ini dalam kondisi kadaluarsa atau habis masa pakainya. 

Vaksin kadaluarsa itu berasal dari pemberian atau hibah dari negara lain. 

"Jadi vaksin expired kita sampai bulan Desember itu ada 1,121 juta dosis. Dari 1,121 juta dosis ini, sebanyak 1,1 jutanya adalah vaksin donasi gratis, 98 persen dari donasi gratis," kata Budi dalam rapat dengan Komisi IX DPR, dikutip Rabu, 19 Januari 2022. 

(BACA JUGA: PP-KAMMI Desak Program Vaksinasi Booster Gunakan Vaksin Halal)

Mantan Dirut Mind.ID itu menyebut Indonesia mendapat banyak bantuan vaksin Covid karena tingkat penetrasi pelaksanaan vaksinasi cukup tinggi. 

Hal itu berbeda dengan kondisi di banyak negara di Afrika yang program vaksinasinya berjalan lambat, sehingga negara-negara maju banyak menghibahkan vaksin nya untuk Indonesia. 

"Jadi negara-negara yang ngasih kemudian kan enggak happy (senang), dia cari negara mana yang suntiknya cepat, itu Indonesia," jelas Budi.

(BACA JUGA: Kabar Baik! Varian Omicron Ternyata Tidak Terlalu Berbahaya, Bahkan untuk Orang yang Belum Divaksin Covid-19)

Adapun jenis-jenis vaksin yang diberikan oleh negara lain yaitu AstraZeneca, Pfizer dan Moderna.

"Itu yang menyebabkan kenapa akhir tahun tiba-tiba banyak (vaksin) yang dikirim ke kita," ungkapnya.

Budi menambahkan, vaksin donasi dari negara lain masih ada yang berlaku hingga 3 bulan mendatang. Maka itu pemerintah akan melakukan gerak cepat untuk vaksinasi.

(BACA JUGA: Tolak Pemaksaan Vaksin untuk Anak-Anak, Babe Aldo: Silakan Laporin Gue! )

"Itu expiry date-nya berkisar antara 1-3 bulan, sehingga kita mesti cepat nyuntik, itu sebabnya banyak yang kena (kadaluarsa) kemarin 1,1 juta," tegas Budi. 

Admin
Penulis
-->