News

Pemilu 2019 Jadi Lawan 2024 Jadi Kawan, Peluang Koalisi PDIP-Gerindra Mulai Kelihatan

fin.co.id - 28/05/2021, 18:42 WIB

Pesawat milik maskapai Citilink terdampak abu vulkanik erupsi Gunung Ruang di Bandara Sam Ratuangi, Manado, Sulawesi Utara

JAKARTA - Walaupun Pemilu 2024 masih jauh, sejumlah partai politik mulai 'cari angin' melihat peta dan arah politik. Sejumlah partai mulai menyatakan sikap, ada juga yang masih abu-abu.

Gayung bersambut, pernyataan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani yang sebelumnya mengatakan jika ada peluang untuk maju bersama PDIP diamini Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kritiyanto.

BACA JUGA: Kandidat Terbaik Pengganti Mourinho

PDI Perjuangan misalnya. Melalui Sekjen Hasto Kristiyanto secara tegas membuka diri untuk berkoalisi dengan Gerindra, PKB, PPP atau bahkan PAN.

Saat diskusi dengan daring, Jumat (28/5), Hasto juga secara tegas mengatakan, jika partainya tidak membuka diri untuk PKS dan Demokrat. Alasannya, ada perbedaan basis ideologi.

BACA JUGA:  Penyebab Kecelakaan SJ-182 Masih Misterius, Sriwijaya Air Dukung Penuh Investigasi

"Partai elektoral kami partai ideologi. Tetapi juga bertumpu pada kekuatan massa. Ini saya sampaikan tegas, agar tidak ada juru nikah yang ingin mempertemukan hal tersebut," kata hasto, Jumat (28/5).

BACA JUGA: PDIP: No PKS, No Demokrat!

Sebelumnya, Muzani menjelaskan, jika koalisi ini mungkin terjadi karena adanya hubungan baik antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Sejak beliau (Prabowo) belum ditetapkan sebagai Menteri Pertahanan dan sampai sekarang hubungan itu baik, tidak ada masalah, dan itu menjadi sebuah kemungkinan adanya peluang untuk dimungkinkannya Pak Prabowo maju bersama PDIP," kata Muzani. (khf/fin)

Admin
Penulis
-->