News . 20/02/2020, 15:46 WIB
JAKARTA - Sebagian besar masyarakat Indonesia masih menganggap pergi ke dokter gigi adalah sesuatu hal yang menyeramkan. Seperti yang pemah disampaikan oleh Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter gigi Indonesia (PDG) dokter spesialis gigi Sri Hananto Seno di tahun 2019, bahwa lebih dari 95 persen masyarakat di Indonesia masih enggan untuk berkunjung ke dokter gigi ketika mengalami masalah pada gigi mereka.
Namun, seiring berjalannya waktu dan terus berubahnya gaya hidup, stigma tentang menyeramkannya datang ke dokter gigi kian berkurang. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya tren perawatan gigi sebagai penunjang estetika di kalangan anak muda.
"Perawatan gigi yang berfungsi sebagai penunjang estitka seperti veneer, bleaching, atau braces kini sangat digemari. Kaum milenial contohnya, mereka datang ke klinik untuk menggunakan servis tadi dengan harapan gigi mereka terlihat lebih bagus atau untuk memperbaiki senyumnya," jelas Andy Wirahadikusumah seorang dokter spesialis gigi di Jakarta, Kamis (20/2).
Menumt Andy, hal ini bukanlah sesuatu yang buruk. Meskipun tujuan awalnya adalah untuk estetika, tetapi dari sini para dokter gigi memiliki celah untuk meningkatkan awareness tentang kesehatan gigi dan mulut ke pasien. Sehingga stigma datang ke klinik gigi itu menyeramkan bisa berkurang.
Di samping estetika, kreatifitas untuk menciptakan konsep yang menarik pada klinik gigi ‘kekinian’ juga berperan cukup besar. "Seperti yang kita tahu, sekarang itu klinik gigi berlomba-Iomba menciptakan konsep pelayanan atau marketing yang menarik. Bisa dibilang kekinian. Merekajuga mulai approach pasien lewatmedia sosial yang dekat dengan si pasien, sehingga rasa takut di awal tadi berkurang karena banyak informasi yang diberikan," lanjut Andy.
Dokter spesialis gigi Oktri Manessa selaku Founder dari OMDC salah satu klinik gigi dengan konsep unik dan menarik bersama suami Toto Syarief Hidayatulloh, memutuskan untuk melakukan survey kepada masyarakat dengan pertanyaan, "kenapa Anda tidak pergi ke dokter gigi?. Mereka menemukan tiga fakta bahwa pandangan masyarakat mengenai pergi ke dokter gigi identik dengan mahal, takut, dan malas antre.
"Sejak saat itu, kami mengembangkan konsep dan inovasi untuk memben’kan solusi bagi ketiga keresahan masyarakat tersebut," kata Oktri.
Berangkat dari masalah tersebut, Iahirlah OMDC yang mengusung misi sosial, yaitu membuat senyum seluruh lapisan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik dengan menghadirkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut lewat harga yang terjangkau.
"Mengusung konsep tematik yang unik dengan warna serba fuchsia dan fasilitas yang nyaman, hingga adanya sistem reservasi yang terjadwal, sehingga mempermudah pasien untuk menyesuaikan waktu dengan jadwal dokter dan tindakan," ujar Oktri.
Keterampilan dari para praktisi juga jadi hal yang sangat penting. Pasien akan merasa 'aman‘ jika praktisi yang menangani mereka adalah dokter gigi yang berpengalaman dan krednbel di bidangnya.
Selain itu, faktor lain yang dapat membuat klinik gigi semakin digemari adalah adanya teknologi canggih dan modern yang dimiliki dan alat-alat dan bahan kedokteran gigi yang sudah teregistrasi resmi Kementerian Kesehatan RI melalui pertner penyedia yang handal dan terpercaya dari klinik tersebut.
Cobra Dental adalah salah satu perusahaan penyedia alat kesehatan gigi dan mulut terbesar di Indonesia yang telah menjadi partner untuk para klinik dan dokter gigi selama 40 tahun.
"Sebagai partner setia bagi para dokter gigi, Cobra Dental yang telah teruji sebagai penyedia alat kesehatan gigi dan mulut berkualitas baik serta legalitas terjamin, percaya bahwa kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang panting untuk diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia," kata Adrian Susanto selaku CEO dari Cobra Dental.
Oleh karena itu, kata Adrian pihaknya berkomitmen untuk terus menjadi partner bagi klinik dan dokter gigi dalam meningkatkan kesehatan gigi masyarakat, juga awareness mereka untuk datang ke dokter gigi jika ada keluhan tanpa perlu takut.
"Caranya adalah dengan menyediakan alat dan bahan kesehatan gigi dan mulut berkualitas baik dan berteknologi modern, serta mendukung pengembangan Pendidikan Kedokteran Gigi di Indonesia secara maksimal," ujar Adrian. (ndm)
PT.Portal Indonesia Media
Alamat: Graha L9 Lantai 3, Jalan Kebayoran Lama Pal 7 No. 17, Grogol Utara, Kebayoran Lama, RT.7/RW.3 Kota Jakarta Selatan 12210
Telephone: 021-2212-6982
E-Mail: fajarindonesianetwork@gmail.com