Jembatan Baru Belum Rampung, yang Lama Malah Sudah Tertutup Girder, KCIC Lalai?

Jembatan Baru Belum Rampung, yang Lama Malah Sudah Tertutup Girder, KCIC Lalai?

Girder proyek pembangunan jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang digarap KCIC menutupi jembatan penyeberangan Tol di jalan Antilope, Curug, Pondok Gede, Bekasi-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

 

BEKASI, FIN.CO.ID - Pemasangan Girder Box proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung yang digarap PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) yang melintas di jembatan Curug Raya Jati Cempaka, Pondok Gede Bekasi, berimbas pada terganggunya akses jalan warga yang melintas di jalan Antilope.  

Hal tersebut dikarenakan tinggi antara Girder dengan jalan raya hanya terpaut  1,7 meter saja. Banyak pengendara motor terpaksa harus merunduk dan kendaraan mobil harus bergantian melintas ataupun berputar, karena batas ketinggian tidak mencukupi.

(BACA JUGA:Wadaw! Begini Penampakan Jembatan Antilop di Bekasi, Mobil Gak Bisa Lewat)

Kepala Bidang Bina Marga Kota Bekasi Idi Susanto, saat dikonfirmasi awak media mengatakan, dengan adanya pembangunan KCIC tersebut pihaknya telah meminta untuk membangun jembatan baru, dikarenakan yang lama tingginya tidak mencukupi berbagai kendaraan.

"Sebenarnya kemarin kita minta bikinin jembatan baru dulu terus baru dia mulai, tapi karena schedule KCIC ketat, jadi pemasangan girder box dulu dikerjakan secara langsung," ungkap Idi Susanto kepada wartawan, Selasa 14 Juni 2022

Ia menjelaskan bahwa pembangunan jembatan baru ditarget akan selesai pada akhir Bulan Juli 2022 dan untuk  sementara ini, jembatan yang lama masih tetap bisa ,dipergunakan

"Jadi target jembatan baru selesai akhir bulan Juli 2022, nah nanti itu jembatan yang lama akan ditutup kalau jembatan barunya sudah jadi," ucapnya.

(BACA JUGA:Gibran 'Invasi' Paris Dengan 'Java In Paris', Mazdjo Pray: Anies Gak Ada Apa-apanya Dibanding Wali Kota Solo)

Menurut pantauan langsung fin.co.id di lapangan, lokasi pembangunan jembatan baru memang tidak jauh dari lokasi yang lama, hanya bersebelahan dari titik sebelumnya.

Secara terpisah salah satu warga sekitar lokasi yang bernama Bari (25) menjelaskan, masyarakat sekitar khawatir dengan kondisi jalanan yang seperti ini dapat mengganggu mobilitas sehari hari.

“Kan yang dipermasalahkan warga kemarin ditutup total, karena kan aksesnya deket, masa sekolahnya disitu misalnya harus muter lagi,” ungkap Bari kepada awak media. 

Perlu diketahui jembatan Curug Raya Jati Cempaka, Pondok Gede merupakan salah satu akses masyarakat untuk melintas ke berbagai wilayah dari wilayah Kota Bekasi Ke Jakarta Timur. Selain itu, area tersebut banyak titik titik sekolah yang setiap pagi dan siang selalu ramai aktivitas. (Tuahta Simanjuntak)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: