Jika Punya Kriteria Ini, Orang Bakal Bisa Melihat Hantu

Jika Punya Kriteria Ini, Orang Bakal Bisa Melihat Hantu

Penampakan Hantu, Ilustrasi oleh Sergey Gricanov dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ada orang yang bisa melihat hantu, sebagaimana mereka mengklaimnya. Namun ada juga yang tidak bisa, atau bahkan tidak sama sekali pernah punya pengalaman yang demikian.

Menurut ahli, berdasarkan studi yang mereka lakukan di tahun 1997 silam, via Grunge, ditemukan fakta menarik terkait kemampuan orang melihat hantu.

Dalam studi itu, disebutkan bahwa terdapat dua grup partisipan yang dikumpulkan di sebuah gedung teater tua, dan diminta untuk melakukan pengamatan.

(BACA JUGA:Wanita Ini Bernama Kansho, Katanya Hantu Penasaran Itu Kadang Tidak Sadar Mereka Sudah Mati)

(BACA JUGA:Penampakan Hantu Terekam CCTV, Terlihat Memeluk Karyawan Kafe dari Belakang)

Pada grup pertama, disebutkan bahwa mereka tengah berada di sebuah gedung tua berhantu.

Sementara pada grup lainnya, para peneliti hanya menyebutkan status gedung tua ini sebagai gedung yang dalam konstruksi

Menariknya pada grup pertama, dilaporkan banyaknya kejadian supranatural yang dialami para partisipannya.

Akan tetapi pada grup kedua, tidak ada satu pun laporan yang diterima para peneliti, terkait dengan penampakan hantu sebagaimana terjadi pada grup lainnya.

Dari situ para peneliti berkesimpulan bahwa pengalaman orang bertemu hantu itu, baik melihat atau sekedar merasa, akan terjadi jika orang tersebut percaya akan hal-hal yang mistis atau berbau supranatural.

Paranoia menurut ahli, ada hubungannya dengan hal ini. Paranoia sendiri menurut Alodokter adalah sebuah kondisi di mana seseorang, diliputi masalah psikologis yang ditandai dengan munculnya rasa curiga dan takut berlebihan.

Alasan Orang Melihat Hantu Menurut Pakar

Jawabnya mengapa orang bisa melihat hantu, menurut seorang peneliti senior dari Committee for Skeptical Inquiry, adalah cukup beragam.

“(40 tahun mempelajari hal ini) saya tidak pernah menemukan penjelasan akan kejadian supranatural,”kata Joe Nickell seperti dikutip FIN dari NBC News.

Yang ada lanjut dia, penampakan hantu umumnya bisa kaitkan dengan hasil dari rekayasa orang (prank) atau juga fenomena alam.

Selain itu, lanjut dia lagi, penampakan hantu umumnya juga bisa dikaitkan dengan kondisi psikologi seseorang

Sleep paralysis, dan halusinasi hypnogonic dan hypnopompic adalah beberapa di antaranya, yang jadi pemicu penampakan hantu yang dilaporkan orang.

Pada kasus lain, penampakan hantu yang dilihat orang, juga dapat disebabkan oleh penyalahgunaan narkotika, gangguan tidur hingga epilepsi.

Sumber: