Jangan Sembarangan Makan Bakso jika Hamil, Ini Risikonya

Jangan Sembarangan Makan Bakso jika Hamil, Ini Risikonya

Bakso, Image oleh FIN--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ketika seorang wanita hamil maka salah satu perubahan yang tak terhindarkan dari tubuhnya, adalah napsu makan yang bisa datang begitu saja.

Mau makan ini, mau makan itu adalah yang ada dibenak ibu hamil saat mereka sedang mengidam.

Dan salah satu yang sering ditanya ibu hamil soal makanan adalah, apakah boeleh makan bakso saat sedang hamil?

Jawabanya menurut dr. Mega Muzdalifah, tidak ada yang salah dengan konsumsi bakso bagi ibu hamil, hanya saja dengan catatan tertentu.

“Tidak ada larangan ibu hamil untuk makan bakso, Ibu dapat tetap makan bakso dengan jumlah yang wajar,” kata dr. Mega Muzdalifah dalam sebuah pernyataan.

Tidak hanya dalam porsi yang wajar, dr. Mega Muzdalifah mengingatkan ibu hamil untuk tidak sembarangan memakan bakso mereka, dalam hal ini soal kehigienisannya, selain faktor gizi yang ditawarkannya.

Tidak lupa juga pantangan yang harus dihindari saat makan bakso, diingatkan dr. Mega untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

“Pastikan bakso benar-benar matang dan dibuat dengan daging sapi, lengkapi dengan sayuran agar gizinya lebih seimbang. Hindari penggunaan garam, penyedap dan sambal yang berlebihan,” ujarnya mengingatkan.

Adapun alasan mengapa garam, penyedap masakan dan konsumsi sambal ini perlu dibatasi penggunaannya, menurut dr. Mega Muzdalifah, karena dapat memicu kondisi seperti diare, yang mana buruk untuk kandungan.

“Saluran pencernaan ibu hamil bisa lebih sensitif sehingga mudah terjadi diare. Diare yang menyebabkan dehidrasi dapat berbahaya karena dehidrasi bisa memicu kontraksi rahim,” jelas dia.

Apa yang Terjadi jika Ibu Hamil Makan Bakso secara Berlebihan?

Menurut dr. Mega Muzdalifah, konsumsi bakso secara berlebih ini dapat menyebabkan peningkatan yang didak diinginkan pada berat badan ibu dan bayi.

Tinggi akan kalori, lemak karbohidrat dan garam, membuat konsumsi bakso juga dapat memicu tekanan darah tinggi dan bengkak pada ibu hamil.

“(Jadi) makan hanya jika benar-benar ingin, jangan lupa seimbangkan dengan makanan bergizi dan sehat,” tutup dr. Mega Muzdalifah seperti dikutip FIN dari Alodokter. https://www.alodokter.com/komunitas/topic/ibu-hamil-makan-bakso

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: