Apa Benar Kebiasaan Ngucek Mata Bikin Kepala Pusing? Ini Penjelasan dr. Arrum

Apa Benar Kebiasaan Ngucek Mata Bikin Kepala Pusing? Ini Penjelasan dr. Arrum

Kepala Pusing, Image oleh Hatice EROL dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Sudah sejak dahulu yang namanya kebiasaan mengucek mata sangat tidak dianjurkan oleh para ahli kesehatan.

Hingga pada akhirnya Anda merasakan sendiri bahwa kebiasaan Anda ngucek mata ini, ada efeknya pada kesehatan Anda sendiri.

Lately, Anda mereka pusing di bagian kepala, dan satu-satunya hal yang bisa Anda kaitkan ini adalah kebiasaan Anda mengucek mata itu.

(BACA JUGA:Mata Merah dan Belekan, Ini Penyebabnya Menurut Dokter)

Pertanyannya, apakah benar mengucek mata dapat menyebabkan sakit kepala sebagaimana Anda curigai?

Jawabanya menurut dr. Aruum Putri Amalia, kecurigaan Anda itu mungkin tidak sepenuhnya salah, karena kedua hal tersebut memang ada kaitannya jika dilihat dari sisi medis.

“Kebiasaan mengucek mata yang berlebihan dengan tangan yang tidak steril, juga dapat menyebabkan infeksi mata baru dan sakit kepala,” kata dr. Aruum Putri Amalia seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“Sakit kepala terutama pada area belakang mata juga dapat timbul akibat reaksi tubuh, yang berusaha mengeluarkan air mata untuk mencegah pengeringan mata lebih lanjut,” jelas dia.

Pada kasus sakit kepala yang disebabkan mata kering ini, lanjut dr. Arrum Putri Amalia, juga dapat dipicu oleh rutinitas lainnya, seperti bekerja di depan computer.

“Rutinitas Anda yang sering berada di depan layar komputer dapat berisiko terjadinya mata kering, karena kemungkinan jarang berkedip. Untuk mengatasinya, anda perlu mengatur pencahayaan ruangan dan komputer agar tidak terlalu gelap dan terang,” saran dia.

Selain itu, dr. Arrum mengingatkan mereka yang bekerja lama di depan computer, untuk rutin mengistirahatkan mata setiap 20 menit bekerja selama 20 detik.

Caranya, kata dr. Arrum Putri Amalia, dapat dicoba dengan mengompres mata dengan kain basah. Ia juga menyarankan penggunaan ukuran kacamata yang tepat, itu jika Anda memerlukan kacamata sebagai alat bantu untuk melihat.

Penggunaan Kacamata Hitam Cegah Katarak

Taukah Anda jika risiko katarak dapat dipangkas dengan penggunaan kacamata hitam di siang harinya, khususnya mereka yang aktif di luar ruangan.

Katarak sendiri dapat disebabkan oleh salah satunya paparan sinar UVA dari matahari. Ketika menembus kornea, ultraviolet disebut dapat menyebakan kerusakan pada mata, memicu terjadinya katarak.

Oleh sebab itu, penting bagi mereka yang kerap beraktifitas di luar ruangan, dan berurusan dengan paparan sinar matahari, untuk mengenakan kacamata hitam.

Ada pun yang perlu diketahui soal radiasi sinar ultraviolet, adalah bahwa pada pukul 10 pagi hingga 4 sore, adalah momen di mana potensi kerusakan akibat UV lebih tinggi terjadi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: