Kenali Ramsay Hunt Syndrome, Penyebab Wajah Lumpuh Sebelah yang Dialami Justin Bieber

Kenali Ramsay Hunt Syndrome, Penyebab Wajah Lumpuh Sebelah yang Dialami Justin Bieber

Justin Bieber, Ramsay Hunt Syndrome, Image: @justinbieber/Instagram--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Dunia dikejutkan dengan kabar Justin Bieber terkena Ramsay Hunt syndrome, menyebabkan separuh wajahnya lumpuh seperti orang kena stroke.

Pertanyaannya, apa itu Ramsay Hunt syndrome dan apa yang menyebabkannya?

Menurut ahli, via Mayoclinic, Ramsay Hunt syndrome adalah sebuah kondisi yang menyerang saraf wajah di dekat salah satu telinga penderitanya.

(BACA JUGA:Rahasia Panjang Umur Ternyata Ada di Wajah Anda, Sudah Tau Belum?)
 
Ramsay Hunt syndrome atau herpes zoster oticus, dapat menyebabkan kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran di bagian telinga yang terdampak.

Menariknya, Ramsay Hunt syndrome ini disebabkan oleh virus yang sama dengan penyebab cacar air.

Untuk meringankan gejala yang disebabkannya, diperlukan perawatan sesegera mungkin, guna menghindari komplikasi yang disebabkan kondisi ini.

Jika terlambat diatasi, Ramsay Hunt syndrome dapat menyebabkan pelemahan otot wajah secara permanen hingga tuli.

Ciri-ciri Orang Kena Ramsay Hunt syndrome:

•    Ruam berwarna merah dengan kulit melepuh berisikan cairan, bisa di dalam atau di sekitar area telinga yang terdampak
•    Otot wajah yang lumpuh atau terlihat melemah di salah satu sisi telinga yang terdampak

Menurut ahli, ruam dan kelumpuhan di area wajah ini terjadi bersamaan, akan tetapi bisa juga terjadi secara terpisah. Pada kasus lain, hanya lumpuhnya yang muncul tanpa diiukuti oleh ruamnya.

Selain menyebabkan rasa nyeri dan gangguan pendengaran, telinga penderita Ramsay Hunt syndrome dilaporkan kerap mendengung.

Mereka dengan Ramsay Hunt syndrome juga akan kesulitan menutup sala satu mata mereka, selain berpotensi mengalami vertigo atau dunia seperti berputar.

Selain menyebabkan mata dan mulut kering, Ramsay Hunt syndrome juga menyebabkan gangguan pada indera pengecap manusia.

Penyebab Ramsay Hunt Syndrome

Karena disebabkan oleh virus yang sama dengan cacar air, maka mereka yang kena Ramsay Hunt syndrome adalah mereka yang pernah terkena cacar air.

Perlu di sadari, ketika seseorang pulih dari cacar air, virus pemicunya ini masih bisa hidup pada system saraf manusia. Dalam hitungan tahun, ia bisa kembali menjadi reaktif dan menyebabkan Ramsay Hunt syndrome.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: