Ketua IKM Minta Restoran Berhenti Jual Rendang Babi: Bikin Resah Masyarakat Minang!

Ketua IKM Minta Restoran Berhenti Jual Rendang Babi: Bikin Resah Masyarakat Minang!

Rendang, kuliner pedas khas Minangkabau Sumatera Barat-Blog-rendangasese.com

JAKARTA, FIN.CO.ID- Di media sosial netizen dihebohkan dengan munculnya sebuah restoran yang menjual menu rendang babi. Restoran tersebut bernama Babiambo yang beroperasi di Jakarta.

Menanggapi itu, Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM), Andre Rosiade mengaku telah menerima aduan netizen soal babi rendang tersebut. Dia menyebut bahawa kehadiran babi rendang itu meresahkan masyarakat minang. 

"Sebagai Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang, saya sudah mendengar soal restoran di Jakarta yang bikin keresahan masyarakat Minang. Hal ini disebabkan restoran bernama Babiambo itu mengolah daging babi menjadi masakan berupa rendang," kata Andre Rosiade dalam keterangannya, Jumat 10 Juni 2022. 

Andre menyebut sebagian besar masyarakat Minang memprotes lauk 'babi rendang' itu. Andre mengimbau usaha kuliner ini menghilangkan unsur Minang dan tidak lagi menjual rendang babi.

(BACA JUGA:Warga Adat Minangkabau Tolak Bantuan dari Menag Yaqut Sebesar Rp2,35 Miliar)

"Kami di DPP IKM sudah mendapatkan aduan dari masyarakat seluruh Indonesia. Untuk itu, kami mengimbau pengusaha dari restoran Babiambo ini untuk mengubah nama restorannya, jangan berhubungan dengan unsur Minang," kata Andre.

Andre menyebut rendang adalah makanan khas minang. Sementara minang sangat identik dengan Islam.

(BACA JUGA:Dukung Gernas BBI, Telkom Hadirkan Virtual Expo di Ranah Minang)

"Minangkabau itu punya falsafah adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah yang identik dengan nilai Islam. Sedangkan yang bersangkutan menjual nilai babi, tentu tidak identik dengan nilai-nilai Minangkabau. Kami mengimbau kepada pengusahanya untuk mengganti nama restorannya dan jangan menjual rendang babi," ujar Andre.

"Rendang itu makanan khas Minang. Untuk itu, kami mengimbau tidak usah memproduksi rendang babi," katanya.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: