Ibu Hamil Boleh Makan Duren? Kenali Dulu Risikonya

Ibu Hamil Boleh Makan Duren? Kenali Dulu Risikonya

Duren, Image oleh truthseeker08 dari Pixabay --

JAKARTA, FIN.CO.ID - Duren adalah salah satu buah paling diminati masyarakat Indonesia. Punya bau yang menyengat namun nikmat saat di lidah, adalah alasan mengapa duren begitu disukai.

Tidak hanya nikmat untuk yang menyukainya, duren juga ternyata menawarkan manfaat sehatnya tersendiri.

Menurut ahli, via Healthline, buah duren yang diselimuti cangkang berduri itu, banyak gizi penting yang dibutuhkan tubuh.

(BACA JUGA:Alasan Mengapa Gas Elpiji Bau Duren)

Vitamin C, mangan, Vitamin B, folat, magnesium adalah beberapa di antaranya.  Protein, serat, kalsium, fosfor, karotin, niacin dan masih banyak lainnya.

Selain itu, konsumsi duren juga sebagaimana diklaim ahli, bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker, mencegah penyakit jantung, mekawan infeksi dan menurunkan tekanan darah.

Hanya saja, dari sekian banyak manfaatnya, ada juga efek samping yang bisa disebabkan ketika orang makan duren, apalagi jika dalam jumlah yang tak terkontrol.

Oleh sebab itu menurut dr. Andika Surya Atmadja, penting bagi penyuka duren, untuk membatasi konsumsi mereka akan duren yang punya julukan ‘smelly fruit’ itu.

“Takaran konsumsi (duren) yang tidak bijak justru akan menimbulkan efek buruk dari buah itu, dibandingkan dengan manfaatnya,” kata dr Andika seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Mengapa demikian, lanjut dia, karena konsumsi duren secara berlebih nantinya akan memicu kenaikan gula darah dan kolestrol yang tidak diinginkan terjadi.

Lalu bagaimana efek makan duren ini untuk wanita yang sedang mengandung? Apakah wanita hamil boleh atau aman untuk memakan duren?

“Konsumsi duren tidaklah dilarang kecuali bagi wanita yang memiliki penyakit atau 'bakat' menderita hiperkolestrol, diabetes gestasional (kencing manis pada wanita hamil), penyakit jantung, obesitas, atau kondisi tertentu,” jelas dia.

Dan jika tidak ada larangan dari dokter, maka konsumsi duren bagi ibu hamil pada dasarnya tidak memiliki pantangan atau larangan.

“Wanita hamil boleh makan durian dengan jumlah terbatas. Cukup konsumsi 1-2 biji dan jangan terlalu sering,” ujarnya menyarankan.

Jadi inti artikel ini adalah, jika Anda adalah ibu hamil, atau suami yang istrinya sedang hamil, namun sedang ngidam makan duren, disarankan untuk tidak memakannya melebihi yang dianjurkan.

Konsultasi dengan dokter kandungan sebelum mengkonsumsinya, juga lebih dianjurkan untuk menghindari yang tidak diinginkan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: