Laba 2021 Melonjak 10 kali Lipat, Temas Genjot Ekspansi Bisnis Pelayaran Tahun Ini

Laba 2021 Melonjak 10 kali Lipat, Temas Genjot Ekspansi Bisnis Pelayaran Tahun Ini

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Temas Tbk-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Emiten di bidang penyedia layanan transportasi laut dan jasa pendukungnya, PT Temas Tbk (TMAS) akan mendorong peningkatan produktivitas dan volume angkutan pada tahun ini, seiring dengan investasi yang telah dilakukan pada kuartal IV-2021. 

Sepanjang tahun 2021, Temas mampu mencatatkan pertumbuhan pendapatan dan laba bersih yang signifikan dibandingkan dengan pencapaian tahun sebelumnya di tengah pandemi COVID-19.

(BACA JUGA:KBRI Bern: Jasad Eril Ditemukan di Cekungan Bendungan Engehalde)

Temas mencetak laba bersih tahun 2021 melesat 10 kali lipat, atau tepatnya melonjak 1.242 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

“Tahun 2021 merupakan tahun yang baik bagi bisnis Temas. Di tengah kita bersama menghadapi berbagai kesulitan karena pandemi, usaha yang kami jalankan menunjukan hasil yang sangat baik. Dengan membukukan laba bersih sebesar Rp 697,62 miliar, ini merupakan peningkatan yang signifikan dari Laba Bersih Rp 52,21 miliar di tahun 2020,” ujar Direktur Utama Temas, Faty Khusumo dalam keterangan tertulisnya, Kamis 9 Juni 2022.

Faty mengatakan, peningkatan laba bersih tersebut ditopang pendapatan Temas yang naik 26,22 persen menjadi Rp 3,37 triliun, dari tahun 2020 sebesar Rp 2,67 triliun dan tahun 2019 senilai Rp 2,51 triliun.

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2021 dan RUPS Luar Biasa dihadiri oleh Dewan Komisaris PT Temas Tbk, yaitu Komisaris Independen - Alfred Natsir dan Theo Lekatompessy. 

(BACA JUGA:Harga Minyak Melejit ke Level Tertinggi 13 Pekan Terakhir, Siap-siap Harga BBM Bisa Naik)

Sementara itu, Jajaran Direksi Perseroan dihadiri oleh Direktur Utama - Faty Khusumo, Direktur Keuangan - Ganny Zheng dan jajaran direksi dari anak perusahaan Temas Group.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham diputuskan beberapa hal antara lain menyetujui dan menerima hasil Laporan Kinerja Direksi untuk tahun buku 2021 serta persetujuan atas rencana untuk pengembangan perusahaan di tahun 2022.

 “PT Temas Tbk berhasil mencatatkan peningkatan laba bersih per Desember 2021 sebesar 1.236,18 persen dibanding tahun 2020. Telah dibukukan laba bersih sebesar Rp 697,62 miliar, naik secara signifikan dibandingkan dengan periode sebelumnya yaitu sebesar Rp 52,21 miliar," ujar Direktur Keuangan Temas, Ganny Zheng dalam kesempatan yang sama.

Beberapa langkah strategis telah dilakukan untuk meningkatkan laba Perseroan, diantaranya dengan menambah 11 unit kapal sehingga kapasitas angkut armada Perseroan menjadi 24.673 TEUs atau 373.874 DWT. Perseroan juga melakukan akuisisi bisnis depo melalui anak usaha PT Temas Depo, yaitu PT Depo Lautan Nusantara yang bergerak di bidang jasa pengelolaan depo peti kemas dan membentuk usaha patungan (Joint Venture) dengan OOCL Logistics (Hong Kong) Limited pada bulan Juni 2021, dengan nama PT Bunga Plum Logistik, serta pembentukan perusahaan pelayaran baru untuk masuk ke servis internasional untuk barang heavy lift dan bulk.

(BACA JUGA:Pendiri METI Kecewa Atas Kepengurusan Organisasi, Alasannya EBT Tak Diperjuangkan dan Laporan Tidak Transparan)

Dalam paparan publik expose juga terungkap bahwa PT Temas Tbk (TMAS) mencatat pendapatan di Kuartal I-2022 sebesar Rp 1,17 Triliun. Pencapaian ini merupakan peningkatan sebesar 37,48 persen dibandingkan tahun sebelumnya untuk periode yang sama. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: