Ingin Haid Berjalan Nyaman? Ini Rahasianya Menurut Dokter

Ingin Haid Berjalan Nyaman? Ini Rahasianya Menurut Dokter

Mens, Menstruasi, Haid, Datang Bulan | Image oleh Saranya7 dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Yang terjadi saat tubuh wanita ketika haid atau datang bulan, adalah perubahan mood dan emosi yang tak terhindarkan, disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh.

Akibatnya, sebagian wanita mengeluhkan perasaan tidak nyaman setiap kali datang bulan.

Namun taukah Anda, menurut ahli, via Alodokter, kondisi ini pada dasarnya bisa diatasi, jika saja orang tau caranya.

Caranya sendiri yaitu dengan menghindari apa yang menjadi pantangannya. Apa saja itu, berikut ini beberapa pantangan saat haid agar haid berjalan nyaman, sebagaimana dianjurkan ahli:

Emosional
Ketika emosi menguasai diri, maka hindarilah dengan kegiatan seperti mendengarkan musik, membaca atau beristirahat.

Malas Olahraga
Menurut pendapat ahli, berolahraga saat menstruasi justru dapat membantu mereka dengan keram menstruasi, mengurangi rasa nyeri akibat datang bulan.

Minum Minuman Beralkohol dan Berkafein
Mereka yang haid memerlukan kualias tidur yang baik. Minuman berlakohol dan berkafein hanya akan berdampak pada masalah tidur, berujung perubahan mood yang drastis.

Kurang Istirahat
Kurang lebih efeknya seperti di atas. Mereka yang kurang istirahat saat haid berpotensi memperburuk kondisi nyeri dan keram menstrualnya.

Intim dengan Pasangan
Meski tidak dilarang, namun intim saat haid dapat meningatkan risiko penyakit menular s*ksual seperti HIV, dan potensi kehamilan. Tetap gunakan pengaman, jika memang harus melakukannya.

Malas Ganti Pembalut
Mereka yang haid dianjurkan ganti pembalut setiap 3 hingga 6 jam sekali, atau tergantung seberapa banyak darah yang keluar. Tujuannya adalah menghindari pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan.

Makan Sembarangan

Ketika terjadi perubahan hormon saat haid, wanita cenderung mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak. Sebenarnya tidak masalah, asalkan tetap memerhatikan kalori dan kandungan nutrisinya. Untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan selama haid, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat kaya serat, seperti sayur-sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian atau gandum utuh.

Malas mengganti pembalut

Mengganti pembalut secara berkala saat haid wajib dilakukan. Usahakan untuk mengganti pembalut tiap 3-6 jam sekali, atau disesuaikan dengan volume darah haid dan kegiatan Anda. Selain mencegah kebocoran, mengganti pembalut mencegah perkembangbiakan bakteri dan mencegah bau tidak sedap.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: