Untuk Mereka yang Punya Amarah yang Tak Terkendali, Baca Ini

Untuk Mereka yang Punya Amarah yang Tak Terkendali, Baca Ini

Marah, Image oleh Olya Adamovich from Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Tidak ada orang yang tidak pernah marah, karena amarah pada dasarnya umum dirasakan oleh kita manusia.

Hanya saja yang tidak biasa dari amarah, adalah ketika emosi itu diluapkan tanpa kendali.

Tidak hanya merugikan bagi mereka yang pemarah, khususnya mereka yang masuk dalam tahap kronis, namun juga orang lain yang terdampak oleh sifat ini.

(BACA JUGA:Suka Ngancurin Barang saat Marah? Ini Nama Kondisinya)

(BACA JUGA:Apa Orang yang Suka Marah-marah Pasti Darah Tinggi?)

Tidak cuma kehidupan sosial, mau itu di lingkungan pertemanan, juga lingkungan kerja, amarah yang tak terkendali juga berdampak pada kehidupan asmara dan percintaan.

Meski begitu menurut pakar anger management bernama Mitch Abrams, PhD, via WebMD, amarah itu tidak selalu berarti negatif.

Hanya saja, jenis amarah yang dianggap menguntungkan ini, hanya berlaku ketika amarah itu dapat membantu menyadarkan Anda dari hal yang salah dan mendorong Anda menjadi pribadi yang lebih baik.

Akan tetepi, pada mereka dengan amarah yang meledak-ledak, kondisi ini dapat berefek kebalikan.

Selain masalah tekanan darah tinggi, mereka dengan amarah yang meledak-ledak berpotensi bersamalah dengan beberapa kondisi seperti diabetes, kolestrerol tinggi dan masalah kesehatan lain.

Amarah yang tak terkendali juga dikaitkan ahli dengan tindakan impulsif yang merugikan.

Kecelakaan di jalan raya, aktifitas seperti merokok, berjudi, minum miras dan makan berlebihan adalah efek dari kondisi ini, menjelaskan mengapa mereka dengan amarah tak terkendali bermasalah dengan beberapa kondisi kesehatan di sebut di atas.

Cara Mengendalikan Amarah

Bagi Anda yang ingin mengendalikan amarah menurut Mitch Abrams, cobalah untuk belajar mengatur nafas dan melemaskan otot-otot yang tegang.

Bayangkan pantai atau tempat lainnya yang memberikan efek damai. Tarik dan kemudian buang nafas sembari membayangkan stres yang reda secara perlahan.

Semakin banyak berlatih menggunakan teknik ini, semakin besar dan cepat efek dari teknik relaksasi itu bekerja pada situasi yang tak mengenakan.

Selain itu, mengontrol diri dengan alunan musik instrumental dan natural pun menjadi salah satu cara terbaik menenangkan emosi dalam diri Anda.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: