Tips agar Rumah Mungil Anda Terkesan Lega

Tips agar Rumah Mungil Anda Terkesan Lega

Interior rumah, Image oleh iqbal nuril anwar dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Rumah mungil sekarang sedang menjadi tren dunia. Bisa jadi karena keterbatasan dana, namun bisa jadi karena ingin sesuatu yang praktis, namun bergaya modern dan kekinian.

Tren ini sendiri bisa Anda lihat pada konten-konten YouTube, atau acara original Netflix, yang mengangkat tema soal rumah mungil.

Dan ketika bicara soal tren rumah mungil, maka erat pula hubungannya dengan keterbatasan space di ruang tinggal Anda.

Akan tetapi menurut ahlinya, hal ini bisa disiasati jika saja orang tau caranya.

Menurut Ashita dari TACO, via Antara, salah satu cara mensiasati masalah keterbatasan space pada rumah mungil, adalah dengan menggunakan warna dan motif netral pada dinding.

Dan yang tidak kalah pentingnya, adalah penggunaan custom furniture multifungsi, yang disesuaikan dengan bentuk dan ukuran ruangan rumah mungil yang dimiliki.

Dan untuk menghindari ruangan terlihat terlalu flat atau biasa saja, maka penambahan tekstur tertentu, diperlukan untuk memberi kesan menarik dan alami.

“Dalam merenovasi rumah, saya sangat memperhatikan pemilihan motif, warna dan tekstur pada furnitur, serta pentingnya pemilihan furnitur yang fungsional agar dapat menghemat ruangan,” jelas Ashita.

Ia menambahkan, pemilihan jenis lantai berperan penting dalam mendekorasi rumah. Penggunaan lantai berbahan vinyl di sebut dapat menciptakan atmosfir hangat, nyaman, dan terkesan luas, selain tahan air, rayap dan mudah dibersihkan.

Agar Rumah Terasa Homey

Berikut ini empat perubahan kecil yang bisa Anda terapkan, agar rumah terasa homey, yang akan berdampak besar terhadap feel Anda seperti dilansir Men's Health:

1. Pencahayaan

Menurut Maxwell Ryan, pendiri dari Apartment Therapy, pencahayaan yang tepat tidak hanya akan membuat Anda puas, namun bikin orang yang bertamu jadi betah berlama-lama.

Untuk efek ini, Ryan menyarankan lampu LED yang kekuningan. Hindari LED berwarna putih untuk memberikan efek nyaman.

2. Warna

Selain pencahayaan, yang perlu dipikirkan di sini, adalah soal pemilihan warna rumah Anda. Ryan menyarankan 80 persen warna netral dan 20 persen warna pilihan warna lainnya.

Ryan menganalogikan warna rumah Anda dengan lipstik yang digunakan wanita hanya sebagian yang kecil digunakan, dan tidak mendominasi.
 
3.Teksur

Penting untuk memiliki rumah yang disukai tamu atau teman dan keluarga, hangat dan sunyi. Karena itu pemilihan tekstil yang tepat, seperti karpet, bantal, dekorasi dinding dan tirai menjadi sangat penting.

Dengan begitu, Anda akan mampu menambahkan dimensi yang berbeda, memberikan efek nyaman, jelas Ryan.

"Semua itu akan menambahkan dimensi pada rumah dan membuat rumah Anda nyaman".

4. Kehidupan

Jika Anda ingin memiliki ruangan terlihat hidup, hangat dan personal, tambahkan kehidupan di ruangan Anda. Tanaman hias adalah salah satunya.

Bicara tanaman hias, ada beberapa yang diklai mampu memberikan udara segar, sekaligus membersihkan udara dari toksin. TIdak hanya indah secara visual, mereka juga menawarkan manfaat sehat yang tidak disangka-sangka orang.

Menurut sebuah studi, ada beberapa bahwa tanaman yang berfungsi sebagai penyaring udara, menyaring materia yang dihasilkan dari bangunan, hingga debu.

Pohon gahara, Ficus (pohon ara), Ivy (hedera helix), Lili Paris, hingga snake plant adalah beberapa di antaranya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: