Jaksa Agung Palestina: Shireen Abu Akleh Tewas Ditembak oleh Israel, Padahal Jelas-jelas Pakai Rompi Pers

Jaksa Agung Palestina: Shireen Abu Akleh Tewas Ditembak oleh Israel, Padahal Jelas-jelas Pakai Rompi Pers

Jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh.-@CornelWest-Twitter

JAKARTA, FIN.CO.ID - Jaksa Agung Palestina, Akram Al-Khatib, menyatakan jurnalis veteran Al Jazeera, Shireen Abu Akleh, tewas akibat proyektil peluru lapis baja yang ditembakkan ke bagian kepala oleh penembak Israel.

"Seorang penembak Israel mengarahkan peluru langsung ke kepala Abu Akleh saat ia berupaya menyelamatkan diri, meski dirinya sudah menggunakan helm dan rompi yang jelas-jelas bertuliskan PERS," kata Al-Khatib dalam konferensi pers di Kota Ramallah, Palestina, dikutip dari Anadolu, Jumat, 27 Mei 2022.

(BACA JUGA:Keterlaluan! Polisi Israel Hajar Pelayat di Pemakaman Jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh )

Ia juga menegaskan jurnalis lain yang mendampingi Abu Akleh juga sengaja dijadikan sasaran tembak oleh Israel.

Menurut dia, peluru yang merenggut nyawa jurnalis Palestina itu memiliki tanda umum dan spesifik yang cocok dengan senjata penembak semiotomatis Mini Ruger.

Sementara itu, pihak Al Jazeera mengumumkan bakal membawa kasus pembunuhan Abu Akleh ke Mahkamah Pidana Internasional (ICC).

(BACA JUGA:Jurnalis Cantik Al Jazeera Tewas Ditembak Tentara Israel di Kamps Palestina)

"Jaringan (Al Jazeera) berjanji akan mengikuti setiap alurnya untuk mendapatkan keadilan bagi Shireen, sekaligus memastikan pihak yang bertanggung jawab atas kematiannya diseret ke pengadilan dan dimintai pertanggungjawaban di semua peradilan internasional dan platform hukum serta pengadilan," demikian pernyataan resmi Al Jazeera.

Diketahui, Abu Akleh (51) tewas ditembak saat sedang meliput penyerbuan militer Israel  di dekat kamp pengungsi Jenin di wilayah pendudukan Tepi Barat, 11 Mei 2022 lalu.

Pejabat Palestina dan tempatnya bekerja, Al Jazeera, menyebutkan bahwa Abu Akleh dibunuh oleh pasukan Israel.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: