Denyut Jantung Terasa tanpa Perlu Pegang Pergelangan Tangan, Apa Artinya?

Denyut Jantung Terasa tanpa Perlu Pegang Pergelangan Tangan, Apa Artinya?

jantungan, Image credit oleh Geralt dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pada suatu kesempatan, Anda dapat merasakan denyut jantung Anda sendiri, tanpa harus mengecek detaknya pada pergelangan tangan Anda.

Pertanyaannya, apakah normal jika Anda bisa merasakan detak jantung Anda, tanpa Anda berusaha untuk mengeceknya di pergelangan tangan atau di leher?

Menurut dr. Amadeo Drian Basfiansa, mereka yang bisa merasakan denyut jantungnya sendiri, tidak berarti menandakan sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

"Bisa merasakan denyut jantung sendiri sebenarnya bukan merupakan pertanda kelainan yang mutlak, dalam artian, pada kebanyakan kasus itu bisa saja normal," kata dr. Amadeo seperti dikutip FIN dari Alodokter.

"(Mengapa normal) karena dipicu konsumsi obat, efek konsumsi kafein pada kopi atau teh, konsumsi karbohidrat atau garam terlalu tinggi, aktivitas fisik, atau pengaruh psikologis tertentu," sambungnya.

Namun berbeda, lanjut dia lagi, apabila kondisi ini dibarengi dengan irama jantung juga.

Pada sebagian kasus, bila disertai dengan irama jantung yang yang tidak biasa, juga cemas berlebih, ada nyeri di dada, maka kondisi ini tidak bisa disepelekan begitu saja.

Jadi lanjut dia, apabila hal ini tidak diikuti dengan gejala lain, maka kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan.

"Tapi bila disertai gejala atau ketidaknyamanan tertentu, atau Anda khawatir, tidak ada salahnya Anda memeriksakan diri ke dokter jantung untuk dilakukan pemeriksaan menyeluruh meliputi rekam jantung, tes treadmill, rontgen dan sejumlah pemeriksaan lainnya untuk memastikan apakah memang ada kelainan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: