Health

Jika Bayi Diare seperti Ini, Jangan Lagi Tunda untuk Bawa ke Dokter

fin.co.id - 19/05/2022, 06:00 WIB

Bayi rewel karena diare, Ilustrasi oleh Ben Kerckx dari Pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda adalah orang tua yang tengah mengeluhkan diare pada bayi Anda saat ini?

Masalahanya, Anda tidak bisa menentukan apa penyeba diare pada bayi kecil Anda.

Well, kasus diare pada bayi menurut dr. Arrum Putri Amalia, umumnya disebabkan oleh infeksi virus, bakteri atau parasit pada saluran cerna mereka.

(BACA JUGA: Penyebab Bayi Pilek Itu Ada Tiga Sebab dan Kapan Harus ke Dokter)

"Pada bayi yang belum makan MPASI, maka penyebab diare bisa didapati dari penyajian susu formula yang kurang higienis," kata dr. Arrum Putri Amalia seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Namun jika bukan karena di atas, penyebab diare pada buah hati, lanjut dr. Arrum, bisa jadi disebabkan oleh sang ibu itu sendiri.

"Karena makanan yang dikonsumsi ibu yang dapat menyebabkan anak alergi seperti susu sapi, makanan yang mengandung gas, makanan pedas, atau makanan dan minuman dengan kandungan kafein tinggi," jelasnya.

Berapa Lama Bayi Pulih dari Diare

Pada kasus diare yang disebabkan infeksi virus, kata dr. Arrum, umumnya membutuhkan waktu kurang dari seminggu, bagi bayi untuk kembali pulih.

"Umumnya (diare akibat infeksi virus) dapat sembuh dengan sendirinya dalam 3-5 hari, seiring dengan asupan cairan yang cukup," ungkap dia. Akan tetapi, orang tua diminta untuk memperhatikan konsumi makanan dan kualitas ASI mereka, dan menghindari makanan tertentu penyebab diare yang disebabkan alergi.

Kapan Harus ke Dokter jika Bayi Anda Diare?

Menurut dr. Arrum Putri Amalia, bayi yang dehidrasi, muntah,lesu, dengan warna feses hitam, apalagi sampai berdarah atau berlendir, untuk tidak lagi menunda kunjungan ke ruang dokter.

"(Jika bayi juga) tampak kesakitan, demam, dan tidak mau menyusu, maka sebaiknya segera periksakan bayi anda ke dokter, agar dapat diberikan penanganan lebih lanjut," sarannya.

Cara Mengatasi Diare pada Orang Dewasa

Cara mengatasi diare menurut Healthline:

Admin
Penulis
-->