Terkini

Pilihan


Hari Raya Waisak 2022/2566 BE, 5 Napi Lapas Kelas IIA Kota Bekasi Terima Remisi

Hari Raya Waisak 2022/2566 BE, 5 Napi Lapas Kelas IIA Kota Bekasi Terima Remisi

Sebanyak 5 warga binaan Lapas Kelas IIA Kota Bekasi beragama Budha menerima remisi Hari Raya Waisak 2022/2566 BE, Senin, 16 Mei 2022.-Tuahta Simanjuntak-FIN

BEKASI, FIN.CO.ID - Sebanyak 5 warga binaan Lapas Kelas IIA Kota Bekasi beragama Budha menerima remisi Hari Raya Waisak 2022/2566 BE, Senin, 16 Mei 2022.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat, Maulidi Hilal mengungkapkan, pihaknya memberikan remisi kepada puluhan warga binaan di wilayahnya termasuk di Kota Bekasi.

(BACA JUGA:Hari Raya Waisak, Kepada Seluruh Umat Buddha, Jokowi Ucapkan...)

"Untuk seluruh wilayah Jawa Barat remisi diberikan ke 62 orang, untuk Lapas Kelas IIA Kota Bekasi yang mendapatkan remisi hanya 5 orang dari 8 warga binaan yang beragama budha dan semua sudah kita berikan," ungkap Maulidi Hilal saat ditemui di Lapas Kelas IIA Kota Bekasi, Senin 16 Mei 2022.

Menurutnya, remisi kepada warga binaan tersebut berjenis Remisi Kategori Satu, yang di mana setelah penerima mendapatkan remisi nantinya ia akan mendapat pemotongan masa tahanan.

"Yang diberikan pada hari ini itu RK satu atau Remisi Kategori satu yang dimana warga binaan hanya mendapat pemotongan masa tahanan, ada juga Remisi Kategori dua artinya ketika mendapat remisi pada tangal itu langsung bebas bisa pulang tapi Jawa Barat belum ada yang mendapat RK 2," ucapnya. 

(BACA JUGA:Long Weekend Hari Raya Waisak 2022, Jalur Puncak Macet, Polisi Berlakukan Sistem Satu Arah ke Bogor)

Maulidi Hilal mengungkapkan bahwa seluruh hak warga binaan sudah diberikan oleh pihaknya tanpa ada biaya sepeserpun, ia juga menghimbau jika terdapat pungutan biaya bisa melaporkan hal tersebut.

"Kewajiban seluruhnya sudah diberikan kepada warga binaan tanpa ada biaya, jadi jika ada yang mendengar seumpama di lapas Jawa Barat ada yang masih memungut biaya boleh dilaporkan ke kami Catat namanya siapa, dan jangan fiktif," tegasnya.

Dalam kunjunganya di Kota Bekasi, Maulidi Hilal juga memeriksa dan memantau langsung kondisi lapas di Kota Bekasi. Menurutnya secara umum, kondisi lapas sudah sangat baik walaupun ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki. (Tuahta Simanjuntak)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: