Cetak Rekor di Le Mans, Bagnaia Rebut Pole Position MotoGP Prancis

Cetak Rekor di Le Mans, Bagnaia Rebut Pole Position MotoGP Prancis

Francesco Bagnaia -@PeccoBagnaia-Twitter

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia mencetak rekor baru di Sirkuit Bugatti, Le Mans. 

Rekor dicetak Bagnaia saat kualifikasi Grand Prix Prancis, Sabtu, 14 Mei 2022.

Atas rekor tersebut, Bagnaia berhak atas pole position. Ini merupakan pole kedua kalinya secara beruntun musim ini.

(BACA JUGA:Bagnaia Pede Tuai Hasil Positif di MotoGP Prancis)

Sang pebalap Ducati menjadi orang ketiga yang memecahkan rekor lap di Le Mans akhir pekan ini, setelah Enea Bastianini dan Johann Zarco memperbaiki catatan lap terbaik sirkuit di daerah Sarthe itu pada FP2 dan FP3.

Bagnaia merebut pole balapan ketujuh di kalender itu dengan catatan 1:30,450 demi mengunguli rekannnya, Jack Miller dengan margin 0,069 detik dan mempersembahkan finis 1-2 untuk tim Ducati Lenovo.

Aleix Espargaro menjaga tren posisi start baris terdepan Aprilia dengan mengamankan P3 secara beruntun dalam tiga balapan terakhir sejak Portugal, demikian laman resmi MotoGP.

(BACA JUGA:Francesco Bagnaia 'Rajai' Sirkuit Jerez)

Pemuncak klasemen sementara, sekaligus tuan rumah, Fabio Quartararo akan mengawali serangan dari P4, 0,238 detik di belakang polesitter.

Sang pebalap Yamaha akan ditemani Enea Bastianini (Gresini) dan kompatriot senegaranya, Johann Zarco di baris kedua.

Duet Suzuki, yang mendapati timnya akan hengkang pada akhir musim ini, Joan Mir dan Alex Rins bakal start dari P7 dan P8 di depan Jorge Martin dan Marc Marquez yang melengkapi posisi sepuluh besar.

Quartararo menuju balapan ketujuh di kalender sebagai pemuncak klasemen dengan koleksi 89 poin, unggul tujuh poin dari Aleix Espargaro.

Enea Bastianini dan Alex Rins mengumpulkan 69 poin di empat besar diikuti oleh Francesco Bagnaia dan Joan Mir yang masing-masing mengumpulkan 56 poin.

Hanya satu dari lima rookie musim ini pernah menang di kelas yang lebih rendah di Le Mans. Dia adalah Raul Fernandez (Moto2, 2021).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: