Mendekati Hari Raya Idul Adha, UPTD RPH Kota Bekasi Antisipasi Penyakit PMK Dari Sapi Lokal

Mendekati Hari Raya Idul Adha, UPTD RPH Kota Bekasi Antisipasi Penyakit PMK Dari Sapi Lokal

Prosesi pemotongan hewan ternak sapi di UPTD RPH Kota Bekasi pada malam hari.--

 

BEKASI, FIN.CO.ID – Merebaknya Wabah Penyakit Mulut dan Kaki pada hewan ternak pada momentum menjelang Hari Raya Idul Adha menjadi perhatian khusus dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Bekasi. 

UPTD RPH Kota Bekasi  mengantisipasi kondisi sapi yang akan dipotong saat kurban nanti.

(BACA JUGA:Cegah PMK di Kota Bekasi, Masyarakat Diimbau Masak Daging Harus Sampai Matang)

Kepala UPTD RPH Kota Bekasi M Barkah menjelaskan, saat ini sapi yang di potong di RPH Kota Bekasi merupakan jenis sapi import dari Australia. Namun pihaknya justru mewaspadai sapi lokal pada saat momentum idul adha nanti.

“Untuk saat ini sapi yang kita potong di RPH sapi import dari Australia dan sudah melewati beberapa tahap pemeriksaan dan sudah ada Surat Keterangan kesehatan Hewan. Justru kita khawatir saat idul adha nanti karena itu sapi ternak lokal, tapi tetap nanti kita lakukan pemeriksaan saat akan kita potong,” ucap M Barkah kepada fin.co.id, Jumat 13 Mei 2022.

Dalam momentum idul adha nanti, Barkah memastikan UPTD RPH Kota Bekasi tetap menerima jika saja ada masyarakat yang ingin melakukan pemotongan di tempatnya. Namun ia memastikan pihaknya tetap menerapkan aturan secara ketat, termasuk pemeriksaan hewan potong secara ketat.

“Kita tetap menerima pemotongan disini, tapi tetap sapi dari masyarakat yang akan motong disini saat idhul adha nanti kita lakukan pemeriksaan ketat sama dengan sapi import karena diketahui belakangan justru sapi ternak lokal yang terjangkit penyakit PMK,” ungkapnya.

(BACA JUGA:Mazdjo Pray 'Pede' Banget Anies Gak Bakal Nyapres 2024 Sampai Berani Taruhan, Ternyata Ada Perhitungannya)

Barkah menjelaskan, saat momentum idul adha nanti, para petugas dokter hewan yang berjaga di UPTD RPH Kota Bekasi akan disiagakan secara penuh, guna memeriksa kondisi kesehatan sapi sebelum dilakukan pemotongan. 

“Tetap nanti kita siagakan saat idhul adha dokter hewan harus siap, jadi sesuai prosedur sapi semua harus di periksa dan benar benar dalam kondisi sehat sebelum di potong baik ketika pada hari hari biasa ataupun pada momentum idul adha nanti,” tuturnya.

Tidak hanya dilakukan pemeriksaan, pihak UPTD RPH Kota Bekasi juga telah bersiaga menyediakan lokasi karantina sapi jika saja nanti saat diperiksa ditemukanya hewan yang terjangkit penyakit PMK. 

(BACA JUGA:Eko Kuntadhi Komentari Anies Akan 'Basmi' Kaum Intoleran: Untuk Narik Suara Jokower?)

Menurut pantauan fin.co.id saat mendatangi lokasi pemotongan, kandang karantina tersebut masih dalam kondisi kosong. Meski demikian Barkah berharap tidak ditemukanya hewan sapi yang terjangkit penyakit  tersebut. (Tuahta Simanjuntak)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: