Canggih, Google Glass Bisa Translate Bahasa secara Real Time, Subtitle-nya Nongol seperti Nonton Film

Canggih, Google Glass Bisa Translate Bahasa secara Real Time, Subtitle-nya Nongol seperti Nonton Film

Google Glass, Image Credit: Google--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Google IO baru saja digelar. Di situ Google memperkenalkan beberapa di antaranya, beberapa produk yang bakal hadir dalam waktu dekat.

Selain Pixel 7 dan Pixel 7 Pro, Google juga mengungkap kedatangan Android 13, yang bakal hadir di tahun 2022 ini.

Dari beberapa yang disampaikan raksasa teknologi itu, Google Glass adalah salah satu yang paling menarik perhatian.

Menggunakan teknologi augmented reality atau AR, Google berusaha untuk menghancurkan penghalang bahasa.

Seperti diketahui, bahasa Inggris adalah bahasa internasional dan dipakai di seluruh dunia.

Namun bagaimana dengan bahasa lain? Bahasa yang tidak begitu familiar di telinga banyak orang.

Hal inilah yang coba ditemukan solusinya oleh Google. Dan dengan AR pada Google Glass, mereka mampu menghadirkan penerjamah bahasa, secara langsung tampil layaknya subtitle pada film.

Ya, begitu mendengar lawan bicara Anda, Google Glass secara instan akan langsung menampilkan terjemahannya dalam bahasa yang Anda inginkan, seperti saat Anda nonton film atau serial di layanan streaming.

Jadi bayangkan Anda tengah menggunakan Google Translate, namun tanpa perlu copy paste, apa yang Anda dengar sudah diterjemahkan dan divisualisasikan lewat kacamata yang Anda kenakan.

"Menggunakan data riset yang memakan waktu tahunan, juga Google Translate, kami hadirkan teknologi ini pada kacamata (Google) itu," kata Director of Product Management Google Eddie Chung di Twitter resmi Google.
Bagaimana teknologi ini bekerja, kurang lebih akan ditampilkan dalam presentasi Google, pada video berjudul Breaking Down Language Barriers Augmented Reality berikut ini.

Google Wallet

Google umumkan Android 13 dan banyak hal baru yang dihadirkan rasksasa teknologi itu, di versi ketigabelas Robot Ijo tersebut.

Salah satunya adalah Google Wallet, versi desain ulang dari Google Pay.

Google Wallet adalah tempat di mana pengguna Android dapat mengganti fungsi kartu kredit fisik mereka, dengan versi digital dalam satu tempat.

Gak cuma sebagai kartu kredit, Google Wallet juga bisa digunakan untuk urusan parkir, tiket event, kartu vaksin, asuransi kesehatan, dan masih banyak lagi.

Di akhir tahun 2022 nanti, Google Wallet, masih akan terbatas di AS, sudah bisa digunakan untuk mengganti fungsi SIM fisik.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: