Antisipasi Lonjakan Angka Pengangguran Warga Pendatang, Pemkot Bekasi Siapkan Pelatihan UMKM

Antisipasi Lonjakan Angka Pengangguran Warga Pendatang, Pemkot Bekasi Siapkan Pelatihan UMKM

Ilustrasi - Pendatang baru di Kota Bekasi-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

BEKASI, FIN.CO.ID - Pemerintah Kota Bekasi memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah pendatang di Kota Bekasi setelah musim mudik Lebaran berakhir. Berbagai program pun disiapkan Pemkot Bekasi untuk menahan laju angka pengangguran. 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Bekasi Ika Indah Yarti, kepada awak media, Rabu 11 Mei 2022. 

(BACA JUGA:138 SD-SMP di Tangerang Gelar PTM Adaptasi Normal Mulai Besok, Soal Hepatitis Akut Kadisdik Imbau Jangan Panik)

Salah satu upaya yang dilakukan menurut Ika adalah memberikan pelatihan vokasi UMKM.

"Untuk prediksi 10 ribu warga pendatang yang akan terjadi di wilayah Kota Bekasi berkaitan dengan ketenagakerjaan, kami dari Disnaker nantinya lebih kepada memberikan pelatihan advokasi terkait dengan pemagangan kepada warga pendatang," ucap Ika.

Nantinya, kata Ika, pelatihan yang akan diberikan oleh pihak Dinas Ketenagakerjaan Kota Bekasi kepada para pendatang baru difokuskan kepada sektor UMKM.

"Dengan lebih memprioritaskan pelatihan advokasi itu kepada sektor UMKM, Karena kita bisa menciptakan calon-calon wirausaha baru. Yang dimana kita juga turut berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bekasi guna penyerapan kepada angka tenaga kerja," ungkapnya.

(BACA JUGA:Tegas! Menteri PUPR Minta Percepat Belanja Infrastruktur dan Larang Belanja Impor)

Lanjutnya Ika Indah Yarti menyampaikan, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto telah memberi himbauan kepada warga pendatang ke Kota Bekasi harus memiliki kemampuan atau keterampilan.

Himbauan tersebut disampaikan oleh Plt Wali Kota Bekasi guna mengantisipasi dan juga meminimalisir tingkat pengangguran masyarakat yang bertempat tinggal di Kota Bekasi

"Jadi yang kita sampaikan itu sebagian program pemerintah yang disampaikan oleh pak Plt Wali Kota, Karena mungkin secara teknis ada di kita disnaker tapi itu sudah kita laporkan kepada pak PLT," jelasnya.

Tambahnya Ika Indah Yarti menyampaikan bahwa saat ini banyak perusahaan yang sedang membutuhkan pekerjaan, pihaknya pun akan memfokuskan kepada UMKM karena dengan cara itu kemungkinan akan membuka lapangan pekerjaan yang lebih banyak. (Tuahta Simanjuntak)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: