'Dimarahi' Polisi, Ketua Rombongan Sepatu Roda Minta Maaf: Apapun yang Telah Terjadi, Saya Mohon Maaf

'Dimarahi' Polisi, Ketua Rombongan Sepatu Roda Minta Maaf: Apapun yang Telah Terjadi, Saya Mohon Maaf

Tangkapan layar - Sekelompok warga bermain sepatu roda di tengah jalan raya di Jakarta, Senin (9/5/2022). -Instagram@arizapatria-Instagram@arizapatria

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pascaviralnya rombongan sepatu roda di tengah Jalan Gatot Subroto, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menegur secara formal.

Teguran tersebut ditujukan kepada koordinator atau penanggung jawab rombongan sepatu roda karena melaju di tengah Jalan Gatot Subroto pada Minggu pagi (8/5/2022).

(BACA JUGA:The Next Jokowi, Prabowo-Puan atau Ganjar-Anies? Pengamat: Masyarakat Ingin Presiden Cerdas lalu Merakyat )

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya memberi tindakan yang sifatnya represif dan yustisi. 

"Kita panggil yang bersangkutan, kemudian kita beri edukasi, kita beri surat pernyataan untuk tidak lagi mengulangi perbuatannya," kata Sambodo, Selasa, 10 Mei 2022.

Rombongan pengguna sepatu roda tersebut kemudian diketahui sebagai anggota Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Provinsi DKI Jakarta.

Sambodo mengungkapkan alasan pihak kepolisian memberikan tindakan tersebut adalah karena tindakan tersebut telah mengganggu keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas).

(BACA JUGA:Masa Tahanan Vanessa Khong, Nathania Kesuma dan Rudiyanto Pei Diperpanjang, Polisi: Sudah 78 Saksi Diperiksa)

Namun, karena ini merupakan pelanggaran pertama yang dilakukan oleh asosiasi tersebut maka pihak kepolisian hanya memberikan tindakan berupa teguran.

"Nah karena ini baru pertama kali dilakukan, kami sifatnya memberikan peringatan, memberikan edukasi dan pendidikan sekaligus memberikan penjelasan kepada masyarakat bahwa apa yang dilakukan oleh teman-teman pesepatu roda tentu adalah hal yang salah dan melanggar aturan," kata Sambodo.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Provinsi DKI Jakarta Muhammad Sal meminta maaf setelah insiden latihan sepatu roda di jalan raya itu.

"Apapun yang telah terjadi, saya mohon maaf kepada semua yang memakai jalan raya terutama Wagub dan Gubernur DKI Jakarta yang sangat merespon kepada sepatu roda ini," kata Muhammad Sal di Jakarta, Selasa.

(BACA JUGA:Fakta Baru Pelaku Pembegalan Anggota TNI, Bocah-bocah Ini Sempat Tenggak Minuman Keras Sebelum Beraksi)

Pihaknya juga telah membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya dan berjanji untuk selalu menaati aturan lalu lintas.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: