Mata Terus Berkedut, Apa Artinya?

Mata Terus Berkedut, Apa Artinya?

Mata Berkedut, Image oleh Hatice EROL dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Belakangan Anda mengeluhkan mata yang kerap berkedut. Mau itu mata kanan, mata kiri atau keduanya.

Pertanyaannya, apa yang salah dengan Anda, adakah hal yang perlu dikhawatirkan dengan kondisi ini?

Jawabnya menurut ahli, dapat disebabkan oleh beberapa faktor pemicu, yang mungkin ada kaitannya dengan kesibukan sehari-hari Anda.

"Kelopak mata berkedut dapat terjadi karena kontraksi pada otot-otot kelopak mata yang terjadi tanpa disadari dan berulang-ulang, kata dr. Irna seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Stres berlebihan, kurangnya tidur yang berkualitas, terlalu lama terpapar cahaya biru, seperti cahaya komputer atau gadget, adalah beberapa di antaranya.

Selain itu menurut dr. Irna, mata kering, radang bola mata, dan radang kelopak mata, hingga masalah pada sistem saraf, juga bisa jadi penjahatnya.

Dan jika dikaitkan dengan konsumsi makanan atau minuman tertentu, minuman seperti kopi, alkohol dan obat tertentu, juga dapat menyebabkan mata berkedut.

"Kondisi mata berkedut ini tidaklah berbahaya dan umumnya dapat menghilang sendiri dalam beberapa menit," jelas dr. Irna.

Dengan terlebih dahulu mengenali penyebabnya, menangani mata berkededut, lanjut dr. Irna, akan jadi lebih mudah.

Sebagai solusi, mereka yang mengeluhkan mata berkedud disarankan untuk tidak dulu, atau membatasi akses mereka terhadap komputer dan layar gadget.

"Bila memang anda harus bekerja di depan layar, cobalah untuk mengistirahatkan mata anda setiap beberapa jam (pejamkan sesaat, lihat ke arah yang jauh) dan redupkan sedikit pencahayaan di layar anda," sarannya.

dr. Irna juga mengingatkan tentang pentingnya jam tidur, dan istirahat yang cukup.

Menghindari stres, asap rokok, polusi udara, sinar matahari dan angin, adalah termasuk di antaranya.

"Bila memang kondisi ini terus terjadi meskipun anda sudah mencoba melakukan hal-hal di atas, anda dapat berkonsultasi dengan dokter mata, agar dapat dilakukan evaluasi lebih lanjut," tutupnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: