Leclerc Pole Position F1 GP Miami, Duet Ferrari di Barisan Terdepan

Leclerc Pole Position F1 GP Miami, Duet Ferrari di Barisan Terdepan

Pebalap Ferrari Charles Leclerc menjalani latihan Grand Prix Miami, Miami International Autodrome, Miami, Amerika Serikat, Sabtu (7/5/2022) setempat. -RICARDO ARDUENGO-ANTARA/REUTERS

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pembalap Ferrari Charles Leclerc menempati pole position Grand Prix Miami yang baka digelar Senin, 9 Mei 2022 dinihari WIB.

Sedangkan rekan satu tim Leclerc, Carlos Sainz berada di belakangnya. 

Hasil kualfikasi pada Minggu, 8 Mei dinihari WIB, menjadikan duet Ferrari menempati barisan start terdepan, pada F1 GP Miami.

(BACA JUGA:Leclerc Juarai F1 GP Australia, Verstappen Tak Finis, Hamilton Gagal Podium)

Dalam kualifikasi di Miami International Autodrome, Amerika Serikat, Sainz tampil tercepat di sektor pertama. Namun rekan satu timnya yang berasa dari Monako itu melaju lebih kencang di sektor kedua dan ketiga demi merebut posisi start terdepan dengan catatan 1:28,796 atau unggul 0,190 detik dari sang pebalap Spanyol, demikian catatan laman resmi Formula 1.

"Hari ini berjalan baik, kami start dari pole dan kami harus menyelesaikan tugas besok. (Red Bull) sangat cepat di lintasan lurus, kami kencang di tikungan," kata Leclerc setelah merebut pole ketiganya dari lima balapan musim ini.

Hasil anti-klimaks didapat Max Verstappen, yang harus kehilangan peluang memperbaiki catatan waktunya di lap terakhir karena oversteer. Sang pebalap Red Bull kemudian memilih untuk menyudahi flying lap terakhirnya dan akan start dari P3.

(BACA JUGA:Adu Roda Verstappen-Leclerc Berbeda dengan Kasus Vettel)

"Secara umum saya cukup puas dengan kualifikasi ini," kata Verstappen.

"Hari ini masih mencoba mempelajari lintasan ini, jadi kompetitif di kualifikasi seperti itu suatu kejutan. Tentunya ingin berada di pole tapi hasil yang saya raih cukup baik. Kami memiliki peluang besok, kami memiliki top speed yang baik."

Sergio Perez akan menemani tandemnya itu di baris kedua dengan memarkir mobil Red Bullnya di P4.

Valtteri Bottas tampil impresif mengamankan P5 untuk Alfa Romeo, mengalahkan mantan rekan satu timnya Lewis Hamilton yang akan start dari P6 untuk Mercedes.

Sementara itu George Russell, yang sempat tampil tercepat di sesi latihan kedua, tersingkir dari Q2 karena kewalahan mengendalikan mobil Mercedesnya yang terus memantul-mantul karena "porpoising" dan akan berjuang dari P12.

Mercedes telah membawa sejumlah upgrade ke Miami namun bos mereka, Toto Wolff mengakui paket yang dibawa bukanlah suatu "solusi terobosan" yang dapat membawa Mercedes konsisten di puncak pertarungan gelar.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: