Buat yang Punya Pasangan Suka Ngorok, Begini Cara Menyembuhkannya

Buat yang Punya Pasangan Suka Ngorok, Begini Cara Menyembuhkannya

Ngorok, Ilustrasi oleh Clker-Free-Vector-Images dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kebiasaan orang mengorok atau mendengkur dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang, dalam hal ini orang lain yang mendengarnya.

Jika yang mengorok sendiri tidak merasakan efek dengkurannya sendiri, berbeda dengan mereka yang harus mendengarnya dan terbangun dari tidur.

Pada kasus tertentu, dengkuran seseorang bisa membuat mereka yang mendengarnya, justru jadi sulit kembali tertidur.

(BACA JUGA:Tensi Naik Terlalu Tinggi saat Tidur Bisa Picu Stroke, Kenali Penyebabnya)

Nah, bagi Anda mungkin yang memiliki pasangan atau keluarga yang suka mengorok, ada tips ahli yang bisa dicoba sendiri nantinya.

Menurut pakar tidur bernama Katherine Hall, via Mirror, melafalkan huruf vokal, adalah salah satu cara untuk menghentikan kebiasaan orang dalam mengorok.

Ya, menurut psikolog yang spesialis masalah tidur itu, dengan rutin melafalkan huruf A-I-U-E-O, seseorang dapat berhenti dari kebiasaannya mengorok.

Hal ini menurut dia, berpengaruh terhdap penguatan otot tenggorokan, menghentikan mereka bergetar ketika orang mulai terlelap.

Cukup melakukannya selama beberapa menit setiap harinya, terapi huruf vokal ini, dapat membantu orang memerang dengkuran mereka saat tidur.

Syaratnya selain rutin setiap hari, mereka harus melafalkan huruf vokal ini dengan suara yang lantang untuk beberapa menit latihan.

Mengorok Juga Bisa Menjadi Pertanda Masalah Kesehatan

Kebanyakan orang mungkin akan mengira, kebiasaan mengorok adalah sesuatu yang wajar, karena hampir setiap orang melakukannya.  

Namun tahukah Anda, mengorok atau mendengkur, tidak hanya menggangu orang di sekitar Anda, akan tetapi juga menandakan ada yang salah dengan kesehatan Anda.  

Seperti dilansir Insider, mengorok dapat dikaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan, yang di antaranya terbilang kronis.  

Sebut saja apnea tidur, GERD, hingga penyakit jantung dan stroke dapat dikaitkan dengan, kondisi tersebut.  

Punya masalah dengan dengkuran, beberapa pakar, salah satunya Lindsey Marcelin, MD, MPH menganjurkan orang, untuk mengkonsultasikan masalah yang satu ini dengan dokter.  

Menemukan ada yang salah dengan tubuh Anda, lewat sesi konsultasi tadi, dapat menghindarkan Anda dari kesehatan yang memburuk, serta potensi yang membahayakan Anda secara keseluruhan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: