Berikut Adab dan Sunnah Sebelum Berangkat Salat Idul Fitri dan Sesudahnya

Berikut Adab dan Sunnah Sebelum Berangkat Salat Idul Fitri dan Sesudahnya

Masjid Agung Al Barkah di Jalan Veteran, Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan malam hari ini melaksanakan salat tarawih perdana di bulan suci Ramadan.--

JAKARTA, FIN.CO.ID- Pemerintah telah menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin 2 Mei 2022. Dengan begitu, Ramadan telah berakhir dan ummat Islam akan melakukan Salat Idul Fitri pada Senin pagi. 

Untuk itu, ada beberapa amalan-amalan yang disunnahkan sebelum dan sesudah menunaikan Salat Id di Masjid atau lapangan terbuka, di antaranya:

1. Makan terlebih dahulu

Sebelum berangkat salat ‘Idul Fitri disarankan untuk makan terlebih dahulu agar tidak mengira bahwa hari tersebut masih puasa.

Berbeda dengan salat Idul Adha disunahlan untuk tidak makan terlebih dahulu. Tetapi disunnahkan agar sesuatu yang dimakan setelah salat ‘Idul Adha adalah daging kurban.

“Dari Buraidah berkata: “Nabi saw tidak berangkat pagi pada hari raya idul fitri kecuali makan terlebih dahulu, dan tidak makan pada hari idul adha kecuali setelah pulang, kemudian makan hasil penyembelihannnya.” (HR. Ahmad).

(BACA JUGA:Besok Idul Fitri, Jokowi Shalat Id di Gedung Agung Yogyakarta)

2. Kenakan pakaian bagus

Mengenakan pakaian yang terbaik—tidak harus yang mahal dan baru, dan disunnahkan memakai wangi-wangian yang tidak berlebihan.

Dalilnya: Ja’far bin Muhammad dari ayahnya: “Bahawasanya Nabi saw memakai pakaian terbagus setiap kali hari raya.” (HR. Ahmad). 

Selain itu berdasarkan hadis: Dari Hasan bin Ali, ia berkata: “Rasulullah memerintah kami memakai pakaian yang terbagus dalam dua hari raya, memberi wewangian pada pakaian yang kami pakai dan menyembelih binatang yang paling berharga (mahal).” (HR. Hakim).

(BACA JUGA:Salat Idul Fitri di JIS, Pemprov DKI: Jangan Bawa Kendaraan Pribadi)

3. Membaca takbir

Berangkat salat disunnahkan sambil membaca takbir. Pada waktu kembali setelah salat, agar mengambil jalan berbeda dari jalan yang dilalui waktu berangkat. 

Sumber: