Peringati Hari Bumi, PLN Tanam 1.800 Pohon dan Dorong Pemanfaatan Electrifying Agriculture di Sumatera Barat

Peringati Hari Bumi, PLN Tanam 1.800 Pohon dan Dorong Pemanfaatan Electrifying Agriculture di Sumatera Barat

Dalam rangka Hari Bumi 2022, PLN menggelar penanaman 1.800 pohon secara simbolis di lokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Masang II di Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Senin 25 April 2022.-dok-pln

PADANG, FIN.CO.ID – PT PLN (Persero) terus melakukan berbagai upaya dalam pengurangan emisi global. Di Sumatera Barat, dalam rangka Hari Bumi 2022, PLN menggelar penanaman 1.800 pohon secara simbolis di lokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Masang II di Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Senin 25 April 2022.

Executive Vice President Health, Safety, Security, and Environment (EVP HSSE), Komang Parmita, mengatakan penanaman pohon itu juga bertujuan memastikan kontinuitas debit air sekaligus meminimalkan sedimentasi di daerah tangkapan air PLTA Masang II.

Pohon yang ditanam di kawasan pembangkit listrik energi baru terbarukan itu termasuk jenis produksi, sebanyak 1.200 pohon. Sedangkan sisanya merupakan pohon pelindung. Diharapkan penanaman pohon itu juga berdampak meningkatkan penghasilan masyarakat sekitar.

(BACA JUGA:Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN dan BNI Berkolaborasi Memperluas Jangkauan SPKLU)

Penanaman pohon juga bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dijalankan oleh PLN. Menurut Komang, PLN juga berkomitmen mengembangkan energi hijau di Sumatera Barat. Salah satunya dengan pembangunan PLTA Masang II berkapasitas 2x22 megawatt (MW) di lahan seluas 89,7 hektare. PLTA itu mulai dibangun pada 2023 dan ditargetkan beroperasi pada 2027. 

Adapun pendanaannya berasal dari Badan Pembangunan Prancis atau Agence Francais de Developpement (AFD). 

“PLTA ini akan meningkatkan bauran energi baru-terbarukan sekaligus mendukung pengurangan emisi 29 persen pada 2030,” ujar Komang dalam keterangannya, Minggu, 1 Mei 2022.

(BACA JUGA:Apel Siaga Idul Fitri, Dirut PLN Turun Langsung Pastikan Keandalan Pasokan Listrik)

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan sosialisasi pengelolaan Fly Ash Bottom Ash (FABA) sebagai limbah non B3 PLTU Ombilin. PLN telah memanfaatkan FABA menjadi produk yang bernilai ekonomis seperti pembuatan pupuk, batako, paving block, pembuatan rumah.

"Ini adalah batako dari FABA yang sangat kuat dan tentunya sangat bermanfaat untuk kita semua. Mari kita memanfaatkan FABA untuk pembangunan dan tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat" ungkap Komang.

Penyerahan batako tersebut dilakukan secara simbolis dari EVP HSSE ke General Manager Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Tengah, Alland Asqolani untuk digunakan sebagai bahan konstruksi PLTA Masang.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Barat Herry Martinus mengapresiasi upaya PLN dalam menjaga lingkungan dan mengurangi emisi. 

“PLN sebagai BUMN terdepan ikut berperan aktif menjaga bumi dan menjadi salah satu dari sedikit perusahaan dan instansi yang memperingati Hari Bumi di Sumatera Barat,” ujar Herry.

Ia optimistis program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dijalankan PLN dapat bersinergi dengan program pemerintah Sumatera Barat untuk mengatasi berbagai persoalan lingkungan hidup. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: