Banyaknya Permintaan, Harga Daging Sapi Merangkak Naik

Banyaknya Permintaan, Harga Daging Sapi Merangkak Naik

Ilustrasi - Daging sapi.-Issak Ramdhani-fin.co.id

MEDAN, FIN.CO.ID -- Harga daging sapi segar di kota Medan, Sumatera Utara di akhir pekan ini bergerak naik lagi atau sudah Rp150.000- Rp160.000 per kg akibat banyaknya permintaan pada H-2 Lebaran 2022.

"Naik lagi udah Rp150.000 dari sebelumnya masih bisa Rp140! 000," ujar Yusuf pedagang daging di Pasar Sambas, Medan, Sabtu, 30 April 2022.

(BACA JUGA:Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Sejumlah Bahan Pokok Merangkak Naik)

Harga normal daging sapi di Sumut Rp110. 000-Rp120.000 per kg. Meski naik, ujar Yusup, pembeli tetap ada bahkan meningkat karena sudah mendekati Lebaran.

Kenaikan harga sudah diprediksi sejak awal, karena akhir pekan ini, Sabtu dan Minggu, puncaknya masyarakat berbelanja untuk kebutuhan Lebaran, Senin.

Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, Barita Sihite mengakui, hasil pantauan pasar, memang ada tren kenaikan harga daging sapi di pasar.

Kenaikan harga dipicu permintaan yang banyak di pasar untuk kebutuhan Lebaran. Stok daging di tempat pemotongan cukup aman sehingga tidak ada gangguan distribusi.

(BACA JUGA:Jelang Lebaran, Sejumlah Harga Bahan Pokok di Tangerang Naik, Tapi Masih Wajar)

"Yang paling penting ketersediaan memadai. Begitu pun, TPID (Tim Penanganan Inflasi Daerah) Sumut terus memantau dan mengawasi harga daging dan bahan pokok lainnya,"katanya.

Selain daging, ada beberapa bahan pokok yang naik seperti gula pasir yang masih tetap berada di atas HET atau sebesar Rp14.000-Rp15.000 për kg.

Diberitakan sebelumnya, di wilayah Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, beberapa bahan pokok seperti cabai dilaporkan mulai mengalami kenaikan.

Pedagang di Pasar Al Mahirah Lamdingin Banda Aceh mengatakan, harga cabai merah saat ini naik menjadi Rp40.000-45.000 per kilogram, tergantung kualitas cabai.

(BACA JUGA:Satgas Pangan Kabupaten Tangerang Pastikan Bahan Pokok Jelang Lebaran Aman)

"Mulai naik harga kemarin, sebelum-sebelumnya harga cabai merah ini Rp30.000-33.000 per kilogram, tergantung kualitasnya," kata Ismail di Banda Aceh, Kamis, 28 April 2022.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: antara