Bagaimana cara mendapatkan uang dari GIFs dan Meme: Sebuah Panduan untuk Karya Seni NFT

Bagaimana cara mendapatkan uang dari GIFs dan Meme: Sebuah Panduan untuk Karya Seni NFT

Ilustrasi NFT - Lukisan Pandemic Self Portrait karya Ridwan Kamil Laku terjual 1 ETH di aset digital NFT-Ridwan Kamil-Twitter

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pasar cryptocurrency saat ini terus berkembang, berevolusi, dan selalu menyediakan banyak cara baru untuk mendapatkan uang untuk semua orang. NFT adalah salah satu cara baru tersebut.

Meskipun sudah ada untuk beberapa tahun lalu, trend boomingnya NFT baru mulai terjadi, dan masih berlanjut hingga saat ini.

Pada artikel ini, kami akan mengungkapkan beberapa tips dan trik untuk bagaimana mendapatkan keuntungan lewat NFT – Baik itu Anda berencana untuk membuat NFT, menjualnya atau mengumpulkannya.

Pasar NFT: Apa yang terjadi saat ini?

Menurut The Block, siklus keuntungan dari token NFT berkembang dengan sangat pesat 43,000% di tahun 2021. Pasar NFT berkembang dari 1 Millyar dollar menjadi industri multi milliar dollar. NFT menjadi populer, setelah lukisan digital oleh artis Beeple dan token NFT yang terkait didalamnya terjual untuk 69.3 Milliar dollar pada lelang Christie’s.

Setelahnya, banyak selebritas, klub olahraga, dan artis yang mulai bereksperimen dengan NFT di semua pasar NFT. Istri dari Donald Trump, Melania Trump bahkan meluncurkan pasar NFT miliknya sendiri, dan NBA mulai mengeluarkan token NFT tentang video dari moment terbaik permainan, dan para player NBA.

Pada akhir tahun 2021, ada setidaknya 360,000 pemilik NFT di seluruh dunia yang memiliki 2.7 juta tokens. Pada waktu yang sama, token yang termahal di dalamnya. Sekitar 80% dari total jumlah penjualan pasar, terfokuskan kepada setidaknya 32.5 ribu konsumen (9% total dari semua pemilik NFT)

Kolektor NFT paling terkenal di media sosial Twitter adalah Pranksy, investasi awal untuk karya seni digitalnya adalah $600, dan sekarang portofolio NFT miliknya sudah memiliki nilai setidaknya 20 Juta Dollar.

Terlebih lagi, kegilaan dari NFT bahkan lebih jauh dari industri Kripto, dan menarik banyak pemain dari pasar konvensional. Sebagai contoh, Rumah lelang Sotheby’s melaporkan bahwa mereka telah membuat setidaknya 100 juta Dollar penjualan NFT di tahun ini. Sotheby’s juga mencatat setidaknya 78% Peserta lelang NFT adalah peserta baru, dan lebih diantaranya setidaknya berusia kurang dari 40 tahun.

Ikut ke dalam trend, Shoteby’s juga meluncurkan marketplace NFT mereka sendiri yang bernama Sotheby’s Metaverse.

“Lonjakan dari volume jual beli NFT di tahun 2021 ini berkaitan dengan luasnya orang yang mengadopsi, dan berpartisipasi – Token menjadi sebuah barang karya seni, kartu klub olahraga, dan menjadi basis sebuah Play-to-earn model untuk banyak game virtual. Sebuah langkah penting untuk meningkatkan volume jual beli NFT adalah dengan perkembangan teknologi, serta munculnya berbagai marketplace NFT terbaru. NFT menjadi sebuah trend, namun ini masihlah dalam tahap awal pengembangannya. Di tahun 2022, NFT akan mendapatkan momentum baru” – Ujar Slava Mikhalkin, Co-Founder Liquidifty.

Marketplace NFT – Sebuah Lahan Pendapatan dengan potensi tak terbatas

Ada beberapa platform NFT Spesial yang dikhususkan untuk menjual sebuah token yang tak tergantikan. Anda bisa upload konten digital, membuat NFT, dan menjualnya. Anda juga bisa membeli token lainnya, dan menjualnya kembali. Semua marketplace NFT menawarkan fitur tersebut.

Diantara banyaknya platform NFT, ada beberapa platform tersentralisasi, dan desentralisasi, registrasi gratis, atau dengan undangan, lebih tertuju untuk seniman professional maupun pemula. Itu semua tergantung dari Anda yang akan memilih platform mana.

Salah satu platform NFT yang baru, dan menjanjikan adalah Liquidifty – Sebuah marketplace yang terdaftar di dalam BSC chain. Di dalam platform ini terdapat kesempatan unik dan program insentif untuk para pencipta – artis digital.

Koleksi NFT dengan ranking tertinggi di dalam platform ini termasuk projek GameFi seperti Drunk Robots, dan Cyber City, dan juga gaming guild Skill Guilds, dan juga NFT launchpad Equinox.

Marketplace NFT ini berencana untuk meluncurkan produk NFT generative augmented reality spesial – dan menciptakan sebuah jembatan yang menjembatani token nonfungible antara BSC, dengan chain lainnya. Peminjaman juga ditawarkan dengan menggunakan aset sebagai penjaminan. Liquidifty bertujuan untuk menjadi sebuah platform yang ramah pengguna, cross-chain marketplace NFT untuk semua, arus terintegrasi, Binance chain, Polkadot dan Ethereum.

Masa depan menjanjikan NFT

Menurut laporan pasar Non-Fungible Token Internasional tahun 2022, pasar internasional NFT diperkirakan akan berkembang dari $14.02 Millyar di tahun 2021 menjadi $21.33 Millyar di tahun 2022 dengan angka rata-rata pertumbuhan tahunan (Compound Annual Growth Rate) berkisar di 52.1%. Pasar ini diduga akan mencapai angka $82.43 Millyar di tahun 2026 dalam angka CAGR berkisar 40.2%.

Industri NFT sangatlah penuh dengan inovasi baru. Banyak penggunaan baru NFT muncul tiap harinya, memperluas imajinasi dan kemungkinan yang tercipta.

Token Non-Fungible mencerminkan sebuah paradigma baru di dalam bagaimana kita bisa melakukan digitalisasi aset fisik, dan bagaimana kita berinteraksi dengan teknologi native digital. Dengan dunia yang terus berkembang ke arah transformasi digital, kita memerlukan sebuah teknologi yang bisa digunakan untuk autentikasi asset digital setiap saat yang akan terus tumbuh.

NFT mengisi kekosongan ini, dan memiliki potensi yang sangat besar untuk mengubah bagaimana fungsi sosial. Dan suatu saat, NFT akan menjadi sangatlah tertanam di dalam kehidupan sehari-hari dan kita akan mulai berhenti untuk menyadari bahwa tiap saat kita sudah berinteraksi dengan teknologi. Masa itu akan datang segera!

Siap atau Tidak?

NFT telah menciptakan sebuah trend berskala besar di dalam pasar kripto: global musik, dan industri film selebritis. Berbagai merk produk perusahaan dan rumah lelang mulai berinvestasi didalamnya.

Trend yang aktif berkembang di dalam pasar crypto NFT hanya di tahun 2021 saja mengalami peningkatan volume jual lebih dari 220 kali lipat (estimasi $ 22 Millyar), dibandingkan dengan tahun 2020 (yang mencapai angka $100 Juta), dan nilai ini akan terus mendapatkan momentum.

Semua ini tergantung dari pilihan Anda: Berinvestasi ke dalam pasar NFT atau mengamati dari kejauhan. NFT memberikan berbagai pilihan yang berbeda untuk setiap orang. Untuk beberapa orang, ini adalah lahan kreativitas dan seni, dan untuk orang lainnya – lahan untuk mendapatkan uang dengan cepat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: