Damkar Kota Bekasi Imbau Masyarakat Periksa Keamanan Listrik dan Gas di Rumah Saat Hendak Mudik

Damkar Kota Bekasi Imbau Masyarakat Periksa Keamanan Listrik dan Gas di Rumah Saat Hendak Mudik

Ilustrasi kebakaran rumah-dok fin.co.id-

BEKASI, FIN.CO.ID - Pada masa mudik lebaran tahun ini, hampir seluruh warga Kota Bekasi memilih melaksanakan mudik setelah dua tahun tidak bisa kembali ke kampung halaman bertemu dengan orang tua dan keluarga.

Maka dari itu Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Aceng Solahudin memberikan himbauan kepada warga untuk memperhatikan dan memeriksa segala hal yang dapat menjadi penyebab kebakaran terutama saat akan berangkat mudik.

"Kepada warga Kota Bekasi khususnya yang hendak melaksanakan mudik lebaran, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan pencegahan. Ketika kita sedang meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama," ucap Aceng Solahudin saat dihubungi Rabu 27 April 2022.

(BACA JUGA:Info Mudik Jalur Bekasi: Malam Ini Dipadati Kendaraan Roda Dua, Begini Pantauan Langsungnya)

Aceng Solahudin menyampaikan ada beberapa hal yang harus sangat diperhatikan oleh pemudik diantaranya mematikan seluruh aliran listrik di rumah guna mencegah terjadinya konsleting listrik.

"Pertama itu pastikan, bagi para pemilik rumah yang hendak melaksanakan mudik. Pastikan semua aliran listrik yang tidak perlu untuk bisa dimatikan, seperti kulkas, dispenser agar segera dicabut supaya tidak menimbulkan arus pendek atau korsleting listrik," ungkapnya.

Selai itu Aceng juga memberikan anjuran untuk memperhatikan tabung gas yang masih tersambung dengan kompor untuk dalam kondisi mati dan tidak terjadi adanya kebocoran selang.

(BACA JUGA:H-6 Idul Fitri, Jalur Mudik Inspeksi Kalimalang Kota Bekasi Sepi Pada Siang Hari)

"Karna pemicu terjadinya kebakaran, paling banyak berusumber dari listrik dan gas. Sehingga kedua unsur itu yang harus diperhatikan ketika kita sedang melaksanakan mudik, Pastikan gas itu cabut, jangan sampai dalam kondisi terpasang di kompor, karna ditakutkan terjadi kebocoran gas yang memicu terjadinya kebakaran," jelasnya.

Selain memeriksa segala hal yang ada di dalam rumah terutama listrik dan gas, ia juga menghimbau bagi Warga Bekasi untuk melakukan koordinasi dengan petugas dan juga pengurus lingkungan sekitar apabila akan melakukan mudik meninggalkan rumah dalam kondisi kosong dengan waktu yang lama.

"Ketua juga harus melapor ke RT RW ketika kondisi rumah dalam keadaan kosong dan sedang ditinggalkan karena mudik. Pintalah untuk ada seseorang yang memantau kondisi rumah seperti security ataupun warga sekitar untuk memantau kondisi rumah guna menimalisirkan kejadian kebakaran," terangnya.

Hal tersebur guna mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak di inginkan saat warga sekitar sedang mudik, karena banyak para pemudik yang tidak berkoordinasi pihak RT dan RW saat hendak mudik lebaran.

"Terkadang orang main mudik mudik aja ngak lapor atau apa. Kalo dilaporkan kan tentu dipantau di kontrol ada yang mencurigakan gak. Jadi aman karena dipantau gitu aja," tutupnya

Kontributor: Tuahta Simanjuntak

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: