Mudik Lebaran? Ini 5 Tips Cek Kondisi Ban Kendaraan Supaya Performa Maksimal

Mudik Lebaran? Ini 5 Tips Cek Kondisi Ban Kendaraan Supaya Performa Maksimal

Ilustrasi pengecekan kondisi ban sebelum mudik Lebaran 2022.-HutchRock-Pixabay

3. Pastikan beban muatan tidak melebihi batas maksimal

(BACA JUGA:Daihatsu Beri Tiga Tips Mudik Aman Ke Kampung Halaman)

Sering kali para pemudik yang melakukan perjalanan tidak hanya membawa diri dan anggota keluarga, tetapi juga berbagai muatan barang untuk dibagikan kepada sanak saudara.

Namun, penting bagi para pengemudi untuk memperhatikan batas maksimal beban yang dapat ditanggung oleh kendaraan agar beban tidak berlebih (overweight).

Jika beban muatan melebihi batas bobot maksimal, akan membuat kendaraan menjadi lebih sulit untuk dikendalikan dan meningkatkan risiko kecelakaan.

(BACA JUGA:Hino Luncurkan Aplikasi Mobile MyHino, dan Program After Sales untuk Mendukung Mudik 2022)

4. Pastikan ban serep dalam kondisi siap pakai

Ban serep kerap kali terlewat dari perhatian pengendara pada saat melakukan perawatan kendaraan atau saat menyiapkan kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh. Padahal kondisi ban serep tidak kalah penting dari ban utama yang digunakan.

Sebelum mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan ban serep dalam kondisi siap pakai. Artinya, ban memiliki tekanan angin yang sesuai atau sedikit lebih tinggi untuk mengantisipasi adanya penyusutan saat penyimpanan.

(BACA JUGA:Kapolri Sebut Ada Pergeseran Tren Mudik 2022, Pemudik Lebih Pilih Perjalanan Siang Hari)

Selain itu, pastikan pula bahwa tidak ada retak pada ban serep, dan ban disimpan dalam keadaan bersih untuk mencegah kerusakan lebih awal.

5. Cek kelayakan pakai dan kondisi ban

Sebelum memulai perjalanan, lakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap kondisi ban. Pastikan tidak ada kerusakan, misalnya goresan/keretakan pada dinding ban, benjol, atau tambalan cacing.

(BACA JUGA:Jalur Kota Bekasi Mulai Dipadati Pemudik, Malam Hari Jadi Pilihan Para Pengendara Motor)

Kondisi perawatan atau perbaikan ban yang tidak tepat dapat memicu terjadinya pecah ban saat melaju dengan kecepatan tertentu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: