Hepatitis pada Anak Bisa Dikenali dari Warna Urine dan Poop

Hepatitis pada Anak Bisa Dikenali dari Warna Urine dan Poop

Penyakit Kuning, Image: Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Seperti diketahui, salah satu cara untuk mengetahui ada yang salah dengan tubuh kita, adalah dengan melihat perubahan pada air seni atau air kencing.

Salah satu kondisi yang bisa dikenali lewat air kencing, adalah hepatitis. Hepatitis adalah istilah medis untuk menggambarkan radangan pada liver.

Hepatitis sendiri seringkali disebabkan oleh infeksi virus. Anak-anak adalah salah satu yang rentan terkena hepatitis.

Sebab itu, penting bagi orang tua untuk mengenali perubahan sikap atau keluhan buah hati mereka.

Menurut The Sun, mereka yang terkena hepatitis umumnya mengeluhkan rasa sakit di perut.

Selain itu, anak-anak juga kehilangan napsu mereka untuk makan.

Selain dapat menyebabkan rasa mual, mereka yang hepatitis juga melaporkan keluhan seperti diare.

"Namun fakor kunci yang perlu disadari orang tua di sini, adalah memeriksa apa warna urine buah hati mereka," kata Dr. Ciara Martin dari Heath and Safety Executive.

Jika mereka yang kena hepatitis punya warna urine yang gelap, poop mereka justru terlihat pucat dari warna poop pada umumnya.

"Warna kulit mereka menguning dan bisa juga mengalami kulit gatal-gatal," tambahnya.

Hepatitis A Sebabkan Penyakit Kuning

Taukah Anda jia tubuh memecah sel darah lama, salah satu produk sampingan yang dihasilkannya,  yaitu zat berwarna kekuningan bernama bilirubin.  

Pada mereka yang sehat, dalam hal ini organ hatinya, bilirubin dapat dengan mudah di saring.  Namun  ketika kinerja hati terkendala, hal ini akan memicu terjadinya penumpukan bilirubin di dalam darah.  

Efeknya mungkin Anda sudah bisa menebak, yakni warna kulit dan bola mata yang terlihat menguning. Kondisi inilah yang dikenal orang dengan nama jaundice atau penyakit kuning.  

Ciri lain yang ditunjukan mereka dengan penyakit, menurut ahli sebagaimana dilansir Prevention, adalah warna air kencing yang yang terlihat pekat atau gelap.  

Tidak hanya itu, warna poop yang terlihat memucat juga menjadi ciri lain, yang menandakan seseorang terkena penyakit kuning

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: