Sudah Jalan Dua Mingguan, Ini Alasannya Mengapa Anda Tidak Lagi Lapar saat Puasa

Sudah Jalan Dua Mingguan, Ini Alasannya Mengapa Anda Tidak Lagi Lapar saat Puasa

Puasa Tidak Lagi Lapar, Image oleh Pexels dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kita sudah melawati beberapa pekan, setelah Ramadan tahun ini dimulai. Sebagian dari kita mungkin sudah terbiasa dengan tantangan berpuasa.

Ya, sebagian dari kita mungkin sudah terbiasa dengan lapar, meski berpuasa di sepanjang hari.

Malah ada juga yang mengaku mengalami penurunan napsu makan, setelah lebih dari dua pekan berpuasa.

(BACA JUGA:Kok Bisa Puasa tapi Tekanan Darah Malah Naik? Ternyata Ini Penyebabnya)

(BACA JUGA:Susah BAB Saat Puasa, Begini Cara Mengatasinya)

Pertanyaanya, apakah normal tidak merasa lapar atau napsu makan yang berkurang, khususnya dengan kaitan puasa Ramadan?

Menurut pendapat ahli, mereka yang tidak lagi lapar saat berpuasa, ada hubungannya dengan cara kerja tubuh manusia, yang beradaptasi dengan kondisi tertentu.

"Nafsu makan, seperti rasa lapar, kenyang, dan lainnya, diatur oleh hormon pencernaan yang dipengaruhi oleh pola makan kita," kata dr. Talitha Najmillah Sabtiari seperti dikutip FIN dari Alodokter.

"Hormon tersebut yaitu leptin dan grelin, di mana leptin memicu rasa kenyang, dan sebaliknya, grelin memicu rasa lapar," lanjutnya.

Nah ketika seseorang berpuasa, hormon-hormon ini kemudian beradaptasi dan mengalami perubahan, penyebabnya adalah karena terbatasnya asupan makanan yang masuk.

Menurut dr. Talitha Najmillah Sabtiari, beberapa hormon pemicu rasa lapar ini, akan menurun produksinya, menyebabkan kita tidak mudah lapar, setelah terbiasa dengan kebiasaan tanpa makan dan minum.

"Selain itu, puasa juga dapat menurunkan neuropeptida-Y, salah satu hormon lain yang juga berperan dalam memicu lapar," tambanya.

Hal inilah yang kemudian, lanjut dr. Talitha, yang menjadi alasan mengapa tubuh manusia semakin ke sininya, semakin terbiasa dengan kondisi lapar yang mereka hadapi dalam menjalankan ibadah tahunan itu.

Akan tetapi ia melanjutkan, apa bila seseorang menunjukan gejala tertentu saat berpuasa, untuk sesegera mungkin memeriksa kondisinya ke dokter.

"Apabila Anda mengalami sejumlah gejala seperti merasa sangat lemas, keringat dingin, gemetaran, maupun penurunan kesadaran, periksakanlah diri Anda ke dokter, ya," sarannya.

(BACA JUGA:Penderita Diabetes Disarankan Batalin Puasa jika Alami Kondisi Ini, Bisa Fatal jika Tidak)

(BACA JUGA:Agar Gak Gampang Haus dan Tetap Terhidrasi Selama Puasa Ramadan)

Sumber: