Nyanyi Lagu Kebangsaan Sebelum Salat, Helmi Felis Sentil Islam Nusantara: Orang Bebal Kadang Seenaknya!

Nyanyi Lagu Kebangsaan Sebelum Salat, Helmi Felis Sentil Islam Nusantara: Orang Bebal Kadang Seenaknya!

Tangkapan layar video viral: Nyanyi lagu kebangsaan sebelum Salat--

JAKARTA, FIN.CO.ID- Pegiat media sosial Helmi Felis menyindir pihak-pihak yang menyanyikan lagi kebangsaan di Masjid sebelum melakukan salat berjamaah. 

Seperti dalam video viral. Seorang pria berjubah putih diduga sebagai imam menyanyikan lagu Indonesia raya diikuti oleh jamaah. Video itu viral di media sosial dan jadi perbincangan. 

Helmi Felis menilai, cara salat seperti itu karena ada pengaruh Islam Nusantara. 

"Ini bermula dari; mencoba ciptakan Islam Nusantara. Dosa yang ditanggung pencetus ide ini luar biasa," katanya di Twitter, Sabtu 16 April 2022.

(BACA JUGA:Viral! Jamaah Masjid Nyanyi Lagu Indonesia Raya Sebelum Sholat Tarawih )

Kata dia, padahal Islam lebih kuat dari Nusantara. Islam punya pemeluk 2 miliar di dunia. 

"Islam lebih kuat dari Nusantara jangan merasa lebih hebat dari Islam yang pemeluknya 2 Milyar. Kadang-kadang orang bebal itu seenaknya memang," sindirnya. 

Video viral itu juga disoroti oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan.

MUI Sulsel mengatakan bahwa cara itu melecehkan Agama. 

(BACA JUGA:Bandingkan dengan Jokowi, Helmi Felis: Anies Baswedan Lebih Cerdas)

Sekretaris Umum MUI Sulsel DR KH Muammar Bakry Lc MA menyebut agama maupun negara masing-masing memiliki nilai kesakralan tersendiri dan harus ditempatkan pada proporsinya.

“Sebaiknya kegiatan seperti ini tidak perlu dilakukan agar tidak terkesan melecehkan agama maupun bangsa,” katanya melalui keterangan resminya di Makassar, Jumat 15 April 2022.

Video berdurasi 2 menit 7 detik itu viral di media sosial. Kemudian dibagikan berkali-kali di aplikasi percakapan WhatsApp dan medsos lainnya.

DR Muammar menjelaskan syiar agama yang ditolerir dilaksanakan adalah yang tidak bertentangan dengan syariah dan akal sehat mainstream umat Islam. Syiar yang dimaksud seperti ceramah agama sebelum tarawih, zikir wirid dan sejenisnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: