Bayi Suka Rewel Sambil Memegangi Popok, Ini Beberapa Penyebabnya Menurut Dokter

Bayi Suka Rewel Sambil Memegangi Popok, Ini Beberapa Penyebabnya Menurut Dokter

JAKARTA, FIN.CO.ID - Dalam sebuah sesi tanya dokter di salah satu situs telemedicine di Tanah Air, seorang ibu bertanya soal keadaan bayinya.

Dalam keluhannya, ia menyebutkan bahwa sang bayi kerap menangis, sambil memegang popoknya.

Pertanyaannya, apa yang menyebabkan bayi sampai melakukannya?

(BACA JUGA:Sedang Hamil Muda namun Ingin Berpuasa? Kenali Risikonya pada Calon Bayi)

Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah bayi yang rewel sambil memegang popok, memang bisa menandakan ada yang salah.

"Bayi yang kerap menangis sembari memegangi popoknya bisa jadi memang menandakan ia merasakan nyeri di sekitar kelamin atau anusnya," kata dr. Nadia Nurotul Fuadah seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Penyebabnya, lanjut dr. Nadia juga sangatlah beragam. Mulai dari ruam akibat penggunaan popok itu sendiri, infeksi, juga kemasukan benda asing.

Punya kebiasaan menahan poop atau pipis, juga bisa menyebabkan keluhan seperti di atas, atau juga karena sang bayi memiliki feses yang keras.

"Selain itu, mungkin juga kondisi bayi Anda tersebut muncul karena faktor lain, seperti radang usus, gastroenteritis, riwayat pelecehan seksual, toilet training terlalu dini, keracunan atau alergi makanan, sambungnya.

Atau ketika tidak satu pun di atas menjadi penyebabnya, sambung dr. Nadia Nurotul Fuadah, rewelnya itu karena sang bayi memang sedang merajut saja.

Untuk memastikan kondisinya, orang tua disarankan untuk memeriksakan kondisi buah hati mereka ke dokter, agar tidak menduga-duga sendiri.

"Saran kami, agar kondisinya lekas membaik, bawa saja ia periksa ke dokter atau dokter anak terdekat ya. Tes urin atau tes feses bisa jadi akan dokter lakukan, jika menduga ada kondisi yang serius," jelasnya.

Bayi Rewel setelah Mengganti Susu Formula

Anda sedang memiliki bayi yang punya masalah dengan perut kembung, dan belakangan kerap rewel, terlebih kejadiannya setelah Anda memberikannya susu formula.

Jawabnya menurut dr. Irma Noor Budianti dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya intoleransi laktosa.

Selain karena beberapa faktor di atas, lanjut dia, kondisi lingkungan juga ikut mempengaruhi, bagaimana tingkat kenyamanan bayi.

dr. Irma juga menambahkan, bahwa alergi susu sapi, adalah reaksi abnormal yang ditunjukan tubuh apa yang terkandung dalam susu.

Hal ini lanjut dia, ditandai dengan beberapa gejala yang nampak dari fisiknya, atau perubahan


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: