Dituding Penipuan Arisan Online, Selebgram IF Angkat Suara, Katanya...

Dituding Penipuan Arisan Online, Selebgram IF Angkat Suara, Katanya...

Ilustrasi.-Ilustrasi-Kredivo

BEKASI, FIN.CO.ID - Selebgram berinisial IF dilaporkan ke pihak kepolisian terkait dugaan penipuan dan penggelapan arisan online dengan kerugian mencapai miliaran rupiah. 

Kuasa hukum IF, Griffinly Mewoh, menanggapi kasus arisan online yang sedang ramai menjadi perbincangan warga Kota Bekasi belakangan ini.

Dalam kesempatan tersebut Griffinly Mewoh menjelaskan bahwa masalah mulai terjadi ketika para anggota kabur setelah mendapat keuntungan, hal tersebut diakui IF terjadi sejak bulan Januari 2022.

(BACA JUGA:Selebgram Inisial IF Dilaporkan ke Polres Metro Bekasi, Dugaan Penipuan Arisan Online Miliaran Rupiah)

"Berjalan 2021 Juli sebenarnya tidak ada apa-apa, namun ke sini-sini dari bulan Agustus sampai Desember itu kan ada beberapa member yang memang sudah dapat keuntungan dan kabur, sampai saat ini masih kita kejar," ucap Grifin saat dikonfirmasi, Kamis, 14 April 2022.

Griffinly Mewoh menyebutkan IF telah menutupi kerugian menggunakan uang pribadinya, namun itu tidak berlangsung lama dan membuat perputaran keuangan IF terganggu.

"Owner IF sendiri mulai mengeluarkan uang pribadinya untuk menutupi member-member yang kabur itu. Nah kemudian akhirnya uang dari member-member itu juga diputerin ownernya, di sanalah titik di mana arisan itu waktunya dapat arisan, malah nggak dapet, di situlah mulai rame," ungkapnya.

Menurut Griffinly Mewoh, puncak kasus tersebut terjadi pada 2 April 2022, para anggota mendatangi rumah IF untuk meminta keuntungan dari arisan. Namun saat itu IF sedang sakit, dan saat di rumah IF diwakili kuasa hukum saat bertemu anggota.

(BACA JUGA:Kurun 2018-2020, PPATK Ngaku Sumbang Rp17,38 T dari Uang Pengganti ke Kas Negara)

"Sebenarnya di situ mereka datang untuk bukan minta pengembalian modal, mereka di situ datang nuntut keuntungan. Menuntut apa yang mereka dapet, saya temuin, di situ pun kita bersepakat owner-nya selaku IF sendiri, siap bertanggung jawab untuk mengembalikan modal-modal mereka," Jelasnya.

Griffinly Mewoh menerangkan bahwa ada beberapa anggota yang sudah dikembalikan modalnya, namun belum ada yang telah dibayarkan secara 100 persen.

"Bahkan sudah ada beberapa yang kita bayarkan juga, walaupun misalnya belum 100 persen dibayarkan. Tapi, setidaknya sudah ada yang dibayarkan, secara cicil," terangnya.

(BACA JUGA:Rans Entertainment Tidak Membela Chandrika Chika saat Dihujat, Deddy Corbuzier: Gua Ambil Ini Anak )

Diketahui sebelumnya seorang pria berinisial DS telah melaporkan IF ke pihak kepolisian atas dugaan penipuan. DS menjelaskan tergiur dengan keuntungan yang ditawarkan dua kali lipat dari IF. (Tuahta Simanjuntak)

Sumber: