Alasan Mengapa Statin Direkomendasikan Ahli untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Alasan Mengapa Statin Direkomendasikan Ahli untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Kolesterol Tinggi, Image Shahid Abdullah dariPixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Hasil studi menegaskan bahwa penggunaan obat jenis statin sebagai pilihan utama, untuk menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular adalah wajib.

Kesimpulan yang dirilis pada Journal of the American Medical Association menyebutkan, opsi selain statin bisa menjadi pilihan ketika obat ini gagal menemui ekspektasi.

Dilansir Medical News Today, Statin sendiri adalah jenis obat yang mampu menahan fungsi enzim penghasil kolesterol pada liver bernama HMG-CoA reductase.

(BACA JUGA:Daftar Makanan yang Bikin Poop Jadi Lancar dan Gak Sakit)

Dengan menkonsumsi statin, penderita kolesterol tinggi dapat mengurangi produksi LDL, atau dikenal dengan sebutan kolesterol jahat, yang merupakan salah satu biang keladi penyebab serangan jantung, stroke dan penyakit jantung.

Dr. Marc S. Sabatine dari Brigham dan Women's Hospital di Harvard Medical School dan rekan mengatakan, bahwa jenis obat ini selain memiliki bukti kuat menurunkan LDL juga aman untuk dikonsumsi penderita.

Hal ini diperkuat dengan rekomendasi yang diberikan American Heart Association, yang menyebutkan bahwa statin adalah jenis obat-obatan satu-satunya yang terbukti memberikan efek menurunkan resiko serangan jantung dan stroke.

Jenis Makanan yang Dianjurkan untuk Turunkan Kolesterol Jahat

Menurut ahli, via Healthline, ada beberapa jenis makanan yang rekomendid untuk menurunkan kolesterol tinggi. Berikut ini daftarnya:

Kacang-kacangan
Kacang almond adalah kacang asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi. Di lain sisi, kacang kenari tinggi akan asam lemak omega-3, protein dan asam amino, yang baik kesehatan jantung Anda.

Ikan laut
Jenis ikan laut seperti  seperti salmon, mackere adalah beberapa jenis ikan tinggi akan kandungan asam lemak omega-3. Selain baik untuk meningkatkan kolesterol baik, omega-3 yang ditawarkannya baik untuk mengatasi peradangan dan memangkas risiko stroke.

Bawang putih
Salah satu bumbu masak paling populer di dunia, bawang putih tidak hanya mampu menurunkan LDL, namun juga tekanan darah tinggi.

Makanan berbasis gandum utuh
Berdasarkan banyak studi, makan 3 porsi produk gandum utuh dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke sebesar 20 persen.

Alpukat
Alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan serat, dua gizi yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.




DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: