Jasa Marga Siap Fungsionalkan Tol Jakarta - Cikampek Selatan Selama Mudik Lebaran 2022

Jasa Marga Siap Fungsionalkan Tol Jakarta - Cikampek Selatan Selama Mudik Lebaran 2022

Jalan Tol Jakarta - Cikampek Selatan-Jasa Marga-

JAKARTA, FIN.CO.ID - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyebut siap mengoperasionalkan secara fungsional Jalan Tol Jakarta - CIkampek (Japek) Selatan, untuk memperlancar arus mudik dan arus balik Lebaran 2022. 

Direktur Utama Jasa Marga Toll Road Operator (JMTO), A.J Dwi Winarta menjelaskan, kondisi Ruas Tol Japek Selatan secara fungsi sudah siap untuk difungsionalkan.

(BACA JUGA:Menhub: 85 Juta Orang Bakal Mudik, 47 Persen Lewat Jalur Darat)

"Kondisi secara konstruksi perkerasan itu sudah siap sekali. Itu nanti difungsikan secara fungsional, tergantung dari situasi lalin. Sebagai jalur pengalihan lalin dalam rangka mengurangi kepadatan," ungkap Dwi, menjawab pertanyaan Fin.co.id, dalam konferensi pers kesiapan pelaksanaan arus mudik, di Jatiasih Bekasi, Senin 11 April 2022. 

Jasa Marga, kata Dwi, akan mempersiapkan sarana dan prasarananya, termasuk gardu pembayaran mobile, rambu-rambu, hingga petugas untuk menjamin kelancaran lalu lintas. 

"Nanti ada rambu-rambu tentunya untuk penunjuk jalan tentunya, kemudian akan ada penerangan dan sebagainya. Secara fungsional sudah siap untuk melayani arus mudik," jelasnya. 

Dwi menambahkan, ruas tol fungsional itu bisa digunakan selama 24 jam sehari, karena secara fungsi memang sudah layak untuk dilalui. Namun demikian untuk penggunaannya, akan tergantung dari diskresi Kepolisian.

(BACA JUGA:Menteri PUPR Ajak Pemudik Manfaatkan Jalur Pansela, Pemandangannya Indah dan Instagramable)

"Bisa dioperasikan 24 jam, aman, kondisinya laik. DIskresi ada di Kepolisian, Jasa Marga hanya menyiapkan," tuturnya. 

Sebagaimana diketahui, Jalan Tol Jakarta–Cikampek II Selatan merupakan jalan Tol yang sedang dalam tahap pembangunan menghubungkan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta di Jati Asih, Bekasi dengan Jalan Tol Purbaleunyi di Sadang, Purwakarta.

Saat ini progres konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 (Taman Mekar – Sadang) telah mencapai 62,17 persen, ditargetkan akan rampung pada akhir 2022.

Untuk progres pembebasan lahannya pun sudah mencapai progres sebesar 92,04 persen.

(BACA JUGA:Perlancar Arus mudik Lebaran, Basuki Hadimuljono Resmikan Jembatan Ploso Jombang)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: