Demo BEM SI, Polda Metro Jaya Tak Temukan Potensi Anarko

Demo BEM SI, Polda Metro Jaya Tak Temukan Potensi Anarko

HMI Kota Bekasi akan ikut demontrasi 11 April 2022-FIN.O.ID/ Tuahta Simanjuntak-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyebutkan tidak ada potensi "anarko" atau kelompok yang ingin melakukan kekacauan sehubungan rencana demo Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI).

"Tidak ada (anarko). Kalau menggunakan pikiran waras, 'kan tujuan datang ke sini menyampaikan unjuk rasa, mahasiswa ini kelompok terdidik," katanya di Monas, Jakarta, Senin, 11 April 2022.

Jenderal bintang dua ini menyakini apabila para pengunjung rasa yang mengatasnamakan dirinya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah kelompok terpelajar, maka mereka tidak menggunakan cara kekerasan.

(BACA JUGA:Demo 11 April, Gedung DPR Masih Sepi)

"Salah satu ciri orang terpelajar itu adalah menjauhi kekerasan. Jadi, saya kira mahasiswa tidak akan mungkin melakukan tindakan anarkis," imbuhnya.

Meski begitu, pihaknya mengantisipasi segala kemungkinan termasuk masuknya kelompok lain yang berpotensi membuat kekacauan.

"Oleh sebab, itu nanti para perwira sudah saya perintahkan dan saya tugaskan untuk melakukan pengamatan di lapangan. Itulah gunanya pemberitahuan sebagaimana amanat Undang-Undang tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum," katanya.

(BACA JUGA:Demo 11 April ke Jokowi, DPR: Salah Target )

Polda Metro Jaya mengerahkan 5.626 personel gabungan termasuk dari Mabes Polri dan Kodam Jaya untuk menjaga keamanan aksi unjuk rasa di sekitar kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat.

"Di sini (Patung Kuda) dikerahkan kurang lebih 5.626 personel terdiri dari gabungan Polda Metro Jaya jaya, Korps Brimob Polri dan Satuan Kodam Jaya," ucap Fadil.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: