Perintah Menteri PUPR: Pelebaran Jalan Tol Cikampek Harus Rampung H-10 Lebaran 2022

Perintah Menteri PUPR: Pelebaran Jalan Tol Cikampek Harus Rampung H-10 Lebaran 2022

Menteri PUPR Basuki Hadimljono meninjau pelebaran jalan tol Jakarta-CIkampek-Birkompu-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Mengakhiri agenda peninjauan kesiapan jalur mudik Lebaran 2022 di Pulau Jawa, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pekerjaan pelebaran Jalan Tol Jakarta – Cikampek jalur B (KM 67 – KM 50).

Basuki mengatakan, pelebaran jalan ini sebagai antisipasi untuk ruas fungsional terbatas pada arus balik Lebaran 2022 khususnya kendaraan kecil.

(BACA JUGA:Menteri PUPR Ajak Pemudik Manfaatkan Jalur Pansela, Pemandangannya Indah dan Instagramable)

"Jadwal pekerjaan hingga H-10 Lebaran 2022, tinggal 12 hari lagi, harus dikejar progresnya agar bisa fungsional saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 nanti," kata Basuki, dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin 11 April 2022. 

Selain itu, Basuki juga berpesan agar saat sudah selesai pekerjaan pelebaran jalan tersebut agar kembali dihijaukan sisi pinggir bahu jalannya dengan ditanami pohon.

Berdasarkan data, total pelebaran jalan yang dilakukan sepanjang 11,73 km, dengan progres hingga awal April 2022 sebesar 15,9 persen. 

Ditargetkan hingga H-10 Lebaran 2022 pekerjaan pelebaran jalan tersebut sudah mencapai 9 km dan dapat dibuka fungsional saat arus mudik dan arus balik, untuk kemudian dilanjutkan pekerjaan setelahnya.

(BACA JUGA:Gak Perlu Marah-Marah Pertamax Mahal, Pengamat Energi: Harga BBM Indonesia Paling Murah Kok!)

Sebelumnya dalam peninjauan kesiapan Jalan Tol Trans Jawa, Basuki juga meninjau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) KM 360 Tol Semarang-Batang. 

"Sebagai antisipasi banyaknya pemudik, siapkan tambahan minimal 50 toilet sementara. Dibuat sebanyak mungkin di tempat yang tidak membuat macet dan dibuat serapi mungkin," tuturnya.

Basuki juga meninjau perbaikan Jalan Tol Pejagan Pemalang tepatnya di KM 253. 

"Perbaikan jalan tol seperti ini harus  memperhatikan kualitas perbaikan termasuk dalam proses pengaspalan," ujarnya.

(BACA JUGA:Demo BEM SI Tolak Jabatan Presiden 3 Periode Disebut Ambyar, Alifurrahman: Demonya Telat! )

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: