Anies Izinkan Takbiran dan Salat Idul Fitri di JIS

Anies Izinkan Takbiran dan Salat Idul Fitri di JIS

Jakarta International Stadium (JIS). --Instagram Anies Baswedan

JAKARTA, FIN.CO.ID--Jakarta International Stadium (JIS) yang terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara, akan jadikan sebagai lokasi Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah.

Rencana salat Idul Fitri di JIS ini tercetus pada 9 Maret saat Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Jakarta Utara Suwardi, Sekretaris Umum MUI Jakarta Utara Ali Fahmi bersama 13 perwakilan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam Jakarta Utara lainnya berkunjung ke JIS.

Mereka mengirim surat ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar mengizinkan JIS untuk lokasi salat Idul Fitri. Keinginan itu kemudian dikabulkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. 

(BACA JUGA: AHY-Anies Berpeluang Menang di Pilpres 2024, AHY: Kalau Ada Harapan Maupun Keinginan Masyarakat...)

Ketua MUI Kota Administrasi Jakarta Utara, Ibnu Abidin menyampaikan bahwa surat permohonan tersebut sudah diterima dan dikabulkan oleh Gubernur Anies Baswedan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah menentukan area luar JIS, yakni Ramp Barat sebagai lokasi Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah mendatang.

Soal kapasitas, dipastikan Ramp Barat JIS mampu menampung maksimal hingga 8.000 jamaah.

(BACA JUGA:Anies Baswedan Ceramah di Masjid Kampus UGM, Yusuf Mansur: Bangga Lihat Gubernur DKI)

Sarana dan prasarana penunjang Shalat Idul Fitri pun tengah dipersiapkan seperti mimbar khatib, tempat wudhu, pintu masuk dan keluar, lokasi parkir, hingga pengaturan arus lalu lintas bagi jamaah.

"Kami juga menyiapkan lokasi shalat cadangan di Ramp Timur apabila antusias jamaah Shalat Idul Fitri di JIS tinggi,” kata Ibnu Abidin 

Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) Sekretariat Daerah (Setda) DKI Jakarta Gunas Mahdianto membenarkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menjadikan JIS sebagai salah satu lokasi Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah.

Dengan demikian, masyarakat ikut menikmati kebersamaan sekaligus mengenal salah satu ikon baru di Ibu Kota itu.

"Ada beragam kegiatan dengan tema Ramadhan di Jakarta #RayakanKebersamaan. Itu salah satunya," katanya.

Selain akan menjadi lokasi Shalat Id, Pemprov DKI juga berencana mengadakan Festival Malam Takbiran di JIS pada malam Lebaran.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: