Kemenkumham: Jumlah Parpol Terdaftar Ada 75, yang Aktif Tak Sampai Separuhnya

Kemenkumham: Jumlah Parpol Terdaftar Ada 75, yang Aktif Tak Sampai Separuhnya

Daftar partai politik yang ikut Pemilu 2019.--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Direktorat Jenderal (Ditjen) Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI menyebutkan sedikitnya terdapat 75 partai politik (parpol) yang terdaftar. Namun, yang aktif tidak mencapai separuh dari jumlah tersebut.

"Fakta yang ada mungkin tidak lebih dari separuh partai yang aktif," kata Direktur Tata Negara Ditjen AHU Kemenkumham RI Baroto kepada wartawan, Kamis, 7 April 2022.

Baroto mengatakan, sering muncul pertanyaan publik dari puluhan partai politik yang sudah berbadan hukum tersebut, apakah semuanya memiliki kemampuan atau sehat secara organisasi. Faktanya, kata dia, banyak parpol tidak sehat.

(BACA JUGA: Survei TBRC: Ketum Parpol Maju Capres, Airlangga Posisi Pertama Pilihan Publik)

Menurut dia, parpol yang saat ini berada di parlemen dikategorikan aktif dan sehat secara organisasi. Akan tetapi, di luar itu masih masih banyak parpol yang tidak aktif meskipun berbadan hukum.

Kondisi tersebut tak jarang membuat banyak parpol mengalami konflik internal, bersifat dinamis, dan diterpa masalah-masalah lainnya, kata dia.

Di satu sisi, papar dia, proses pembubaran suatu partai politik bukan perkara sederhana atau mudah. Sebab, dalam undang-undang disebutkan untuk membubarkan parpol harus melalui Mahkamah Konstitusi (MK).

(BACA JUGA:Dua Pimpinan Parpol Airlangga Hartarto dan Surya Paloh Bertemu, Mulai Bahas Koalisi 2024?)

"Jika sudah menjadi badan hukum partai politik, maka sudah pasti proses pembubarannya akan panjang," ujar Baroto.

Oleh karena itu, sambung dia, setiap parpol yang sudah berbadan hukum harus bisa menjalankan tugas dan fungsinya. Masalahnya, tidak semua parpol di Tanah Air bisa menjalankan hal itu dengan baik.

Sebagai contoh, kata dia, beberapa partai yang masa kepengurusannya sudah berakhir namun tidak dilaporkan atau diurus ke Kemenkumham. Tidak hanya itu, merujuk data lima tahun terakhir dari 75 parpol yang berbadan hukum, hanya sekitar 32 parpol yang aktif secara administratif.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: