Perhatian! Lebaran Bakal Diguyur Hujan Lebat, Persiapkan Sejak Dini

Perhatian! Lebaran Bakal Diguyur Hujan Lebat, Persiapkan Sejak Dini

Ilustrasi hujan.-dok fin-fin.co.id

JAKARTA, FIN.CO.ID - Lebaran atau Idul Fitri 1443/2022 diprediksi bakal diguyur hujan ringan hingga lebat.

Masyarakat diminta untuk mewaspadai dan mempersiapkan diri.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati  mengatakan pihaknya memprakirakan cuaca di sejumlah wilayah di Indonesia akan terjadi hujan saat masa Lebaran 2022.

(BACA JUGA:Angin Kencang dan Hujan Landa Kawasan Malioboro Usai Aksi Mengaji Bareng, Yusuf Dumdum: Bertanda Apa?)

Dijelaskannya, hujan merata akan terjadi di wilayah Sumatera, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua pada 25 April-1 Mei 2022. 

"Pada tanggal 2-4 Mei, hujan akan terjadi di Sumatera bagian Selatan, Jawa bagian tengah, kemudian di beberapa wilayah Kalimantan dan Sulawesi. Indonesia timur relatif lebih aman, kecuali di Papua bagian tengah," ungkapnya saat rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR, Rabu, 6 April 2022.

Lebih lanjut dikatakannya, pada periode setelah Lebaran, yakni 4-10 Mei 2022 wilayah yang potensi hujan lebat ini semakin menyempit ke wilayah Jawa Barat, Banten, dan Sumatera Selatan hingga Lampung.

(BACA JUGA:Rara Pawang Hujan Protes Biodatanya Ditulis Islam: Salah Jangan Ngawur! Saya Non Muslim, Penganut Kejawen )

Kemudian kondisi gelombang untuk bulan April hingga Mei, jika tidak terjadi badai tropis, wilayah perairan Indonesia relatif memiliki gelombang tidak terlalu tinggi, maksimum satu meter.

"Kalau yang membahayakan adalah di Samudra Hindia, di situ mulai kuning oranye, bahkan merah. Jadi wilayah-wilayah tersebut yang perlu diwaspadai," kata dia.

Karenanya, dia meminta warga untuk tetap terus monitor melalui aplikasi ponsel infoBMKG, kanal YouTube dan berbagai sosial media untuk mendapatkan informasi terkini mengenai prakiraan cuaca.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: