Dana Rp6,9 Triliun untuk BLT Minyak Goreng Segera Cair

Dana Rp6,9 Triliun untuk BLT Minyak Goreng Segera Cair

Ilustrasi - Kebijakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dinilai tepat untuk mengatasi dampak naiknya harga komoditas bahan pokok belakangan ini.-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID  - Pemerintah akan segera mencairkan bantuan langsun tunai (BLT) untuk minyak goreng.

BLT minyak goreng selama tiga bulan akan dicairkan sekaligus di bulan April 2022 dengan nilai Rp300 ribu per penerima program.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu pihaknya telahh menyiapkan anggaran Rp6,9 triliun untuk BLT  minyak goreng.

(BACA JUGA:Pemerintah Cairkan BLT Minyak Goreng Rp300 Ribu Mulai April)

BLT akan diberikan kepada masyarakat pada April, Mei, dan Juni.

“Kebutuhan anggarannya ini untuk KPM PKH Rp6,15 triliun dan PKL makanan Rp0,75 triliun, jadi total Rp6,9 triliun,” katanya, Senin, 4 April 2022.

Dijelaskannya, ada dua kelompok masyarakat yang menerima BLT minyak goreng yaitu 20,5 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan 2,5 juta Pedagang Kaki Lima (PKL) makanan.

(BACA JUGA:Jokowi Bagikan BLT Minyak Goreng Rp300 Ribu, Cair Bulan Ini, 20,5 Juta Keluarga Bakal Dapat Bantuan)

Kebutuhan anggaran untuk KPM PKH sebesar Rp6,15 triliun sedangkan untuk PKL makanan sebesar Rp0,75 triliun sehingga totalnya adalah sebesar Rp6,9 triliun.

Dia pun merinci, BLT minyak goreng akan diberikan pada April, Mei, dan Juni, sebesar Rp100 ribu per bulan per KPM. Nantia akan dibayarkan sekaligus pada April 2022, sehingga KPM mendapat Rp300 ribu guna memenuhi kebutuhan selama Ramadan. 

“Jadi pada April ini kita akan bekerja cepat supaya langsung disalurkan pada April. Apalagi ini bulan Ramadan supaya rumah tangga bisa tertopang,” jelasnya.

Penyaluran BLT minyak goreng bagi 20,5 juta KPM PKH akan dilakukan oleh Kementerian Sosial baik melalui PT Pos, Himbara, dan PKH murni. Sementara penyaluran BLT minyak goreng kepada PKL makanan akan dibantu oleh TNI dan Polri di lapangan.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: